Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih (Foto: okezone.com)

NIASONLINE, Jakarta – Karena kondisi kesehatannya, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih memutuskan mengundurkan diri. Presiden SBY pun sudah menyetujui pengunduran diri itu.

“Saya sudah melihat keadaan Bu Menteri dan sudah ngobrol panjang lebar dan berdoa bersama. Beliau mengajukan permohonan pengunduran diri agar lebih berkonsentrasi ke pengobatan,” ujar Presiden SBY usai membezuknya siang tadi di RSCM, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Meski menyayangkan pengunduran diri itu, namun SBY bisa memakluminya. Bahkan, menyetujuinya langsung. Untuk sementara, tugas Menkes akan diambilalih oleh Wakil Menteri Kesehatan.

Anggota kabinet SBY yang bermasalah dengan kesehatannya, bukan kali ini saja. Padahal, salah satu syarat utama pemilihan para menteri itu adalah lolos tes kesehatan.
Sebelumnya, Mantan Menteri Dalam Negeri Mohammad Ma’ruf pada masa Kabinet Indonesia Bersatu I. Kemudian, pada masa Kabinet Indonesia Bersatu II ini, sebelumnya juga menderita sakit dan akhirnya diganti adalah Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

Menteri BUMN Dahlan Iskan, pengganti Mustafa Abubakar, juga sebelumnya sudah menjalani transplantasi hati di China. Sepertinya, transplantasi hatinya berjalan sukses dan sejauh ini tidak menimbulkan komplikasi yang bisa mengganggu aktifitasnya.

Baru minggu lalu, Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dalam pendakian di gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat. Salah satu penyebabnya, diduga karena masalah jantung.

Terbaru, hari ini, karena masalah kesehatan juga, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun tiba-tiba dilarikan ke rumah sakit saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta. (EN)

Facebook Comments