Peta Pulau Sumatera dan Titik Gempa Aceh (Foto: BMKG)

NIASONILINE, JAKARTA – Meski cuma prediksi, tampaknya masyarakat di pesisir barat Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat perlu melakukan antisipasi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengungkapkan, gempa Aceh dengan kekuatan 8,5 SR pekan lalu diprediksi berpotensi memicu gempa dan tsunami di wilayah Kota Padang.

“Para ahli memprediksi gempa Aceh kemarin dapat mempengaruhi sistem keseimbangan subduksi di Mentawai yang dapat menyebabkan gempa megathrust 8,9 SR di Kota Padang,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Selanjutnya, jelas Sutopo, energi megathrust Sumatera itu berpotensi memicu tsunami di Padang dengan ketinggian 6-10 meter setelah 20-35 menit gempa.

Potensi gempa megathrust Sumatera itu, kata dia, tidak akan sampai menimbulkan tsunami di Jakarta. Berdasarkan simulasi yang dilakukan BNPB, gempa dengan kekuatan lebih dari 8 SR dan tsunami di wilayah megathrust Sumatera tidak sampai ke wilayah Jakarta. Tapi hanya mencapai Selat Sunda.

“Meski potensi gempa dan tsunami megathrust mungkin terjadi, ilmu pengetahun dan teknologi saat ini belum dapat memastikan kapan dan di mana bakal terjadinya gempa. Sejauh ini hanya prediksi potensi gempa dan daerah yang rawan gempa saja,” tamba dia. (EN/Viva).

Sumber: vivanews.com

Facebook Comments