Aktifitas Penerbangan di Bandara Binaka (Foto: Etis Nehe)

NIASONLINE, JAKARTA – Guncangan gempa dahsyat berkekuatan 8,5 SR dan 8,1 SR yang disertai potensi tsunami tidak mengganggu aktifitas penerbangan di Bandara Binaka, Gunungsitoli.

“Operasional penerbangan berjalan lancar. Tidak ada pembatalan ataupun delay. Baik kemarin ketika terjadi gempa, maupun sampai siang ini. Semua lancar,” ujar Selamat Duha, Ketua Kelompok Teknisi (Poksi) merangkap pimpinan bantuan operasi (banops) penerbangan dengan tugas pemanduan penerbangan di Bandara Binaka, Gunungsitoli kepada Nias Online Kamis (12/4/2012).

Bahkan, kata dia, pada hari ini delapan penerbangan yang sudah dijadwalkan berjalan dengan lancar. Penerbangan dengan rute Bandara Polonia, Medan-Binaka tersebut dilayani oleh maskapai Wings Air dan Merpati Nusantara Airlines.

Selain itu, juga ada penerbangan perintis yang dilayani maskapai Nusantara Buana Air (NBA). Rutenya, Gunungsitoli-Silangit, Silangit-Gunungsitoli-Pulau Tello (Nias Selatan).

Dia juga mengungkapkan, dari pantauan di bandara, tidak ada peningkatan ataupun penurunan tidak wajar jumlah penumpang, termasuk pembatalan tiket. Itu mengindikasikan bahwa aktifitas perjalanan masyarakat dari dan ke Pulau Nias tidak terganggu sama sekali.

Dia juga mengungkapkan, setelah pemeriksaan menyeluruh, tidak ditemukan kerusakan pada landasan pacu ataupun berbagai perangkat kegiatan operasional bandara. (EN)

Facebook Comments