Anggota Komisi II DPR RI Yasonna H. Laoly (Foto: Pribadi di Facebook)

JAKARTA, NIASONLINE – Sidang paripurna DPR RI pada 11 April 2012 akan memutuskan nasib 19 usulan daerah otonomi baru (DOB). 19 calon DOB tersebut telah disetujui di tingkat Badan Legislatif (Baleg) sesuai usulan Komisi II DPR RI.

Dari 19 nama calon DOB itu hanya satu nama calon provinsi baru, yakni, Provinsi Kalimantan Utara. Nama-nama calon provinsi lainnya, khususnya usulan dari wilayah Sumatera Utara, termasuk Provinsi Kepulauan Nias belum masuk dalam daftar.

Anggota Komisi II DPR RI Yasonna H Laoly mengatakan, 19 calon DOB tersebut merupakan usulan lama, bahkan dari periode DPR sebelumnya.

Ditanya apakah pada periode pengusulan berikutnya, usulan Provinsi Kepulauan Nias berpeluang masuk daftar, Yasonna tidak bisa memastikannya. Namun, jawabannya memberi isyarat pesimistik.

“Kita (Provinsi Kepulauan Nias, red) masih tahap melengkapi data. Masih panjang perjalanan yang harus kita tempuh. Provinsi Tapanuli juga belum,” ujar Yasonna melalui pesan singkat kepada Nias Online di Jakarta, Jum’at (06/4/2012) malam.

Usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias sendiri baru disampaikan secara resmi kepada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemnterian Dalam Negeri dan Komisi II DPR RI pada Selasa (20/3/2012). Penyerahan usulan itu disampaikan langsung oleh pengurus Badan Persiapan Pembentukan (BPP) Provinsi Kepulauan Nias.

Meski begitu, masih tersisa dua dari sembilan syarat yang belum terpenuhi. Yakni, kajian ilmiah pembentukan Provinsi Kepulauan Nias dan penentuan ibukotanya. (EN)

Facebook Comments