Mau Terbang Besok? Datang ke Bandara Lebih Awal!

Monday, March 26, 2012
By susuwongi

Ilustrasi Aktifitas Penerbangan (Foto: gomong.com)

JAKARTA, NIASONLINE – Bila Anda pengguna jasa angkutan udara dan hendak melakukan perjalanan besok, Anda diimbau agar datang lebih awal ke bandara. Imbauan itu disampaikan oleh pengelola bandara, PT Angkasa Pura II, yang mengelola 12 bandara di kawasan Barat Indonesia.

Hal itu untuk mengantisipasi dampak demonstrasi besar-besaran yang direncanakan berlangsung besok, Selasa (27/3/2012). Berdasarkan informasi yang berkembang, para pendemo yang diperkirakan ribuan orang akan menyasar dan bahkan mengancam menutup obyek-obyek vital, di antaranya, pelabuhan dan bandara.

“Kami mengimbau agar calon penumpang pesawat udara dapat berangkat lebih awal dari rumah menuju bandara. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada akses menuju bandara yang terdampak oleh aksi demonstrasi,” ujar Corporate Secretary Angkasa Pura II, RP Hari Cahyono dalam siaran pers yang diterima Nias Online di Jakarta, Senin (26/3/2012).

Hari mengatakan, mengantisipasi demonstrasi tersebut, seluruh bandara yang dikelola AP II telah disiagakan, terutama dalam hal pengamanan. Dia mengatakan, ribuan personel gabungan TNI, Polri dan petugas keamanan bandara telah disiapkan.

Khusus untuk bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, seperti diungkapkan Senior General Manager PT Angkasa Pura II cabang Bandara Soekarno-Hatta, Sudaryanto, lebih 2.000 personel gabungan telah disiagakan.

”Kami sudah berkoordinasi dengan Kodam Jaya dan Polres Bandara. Pagi ini, ribuan personel gabungan TNI dan Polri telah melakukan show force. Personel keamanan yang kami miliki juga turut dilibatkan,” imbuh Senior General Manager PT Angkasa Pura II cabang Bandara Soekarno-Hatta, Sudaryanto dalam siaran pers AP II, Senin (26/3/2012).

Sudaryanto menjelaskan, personel pengamanan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta tediri dari dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) personel TNI AD, empat kompi personel Paskhas AU, tiga SSK Brimob Polda Metro Jaya, satu SSK Sabhara Polda Metro Jaya berikut Polantas dan Pasukan Patroli Sepeda Motor (Patmor).

Para personel gabungan ini disebar di titik-titik strategis untuk memperkuat personel keamanan bandara yang memang sudah ada sebelumnya.

”Jadi, kalau ditotal secara keseluruhan, jumlah personel gabungan TNI/Polri serta aparat keamanan bandara, jumlahnya ada sekitar dua ribuan personel. Seluruh petugas akan bersiaga sepanjang aksi demonstrasi berlangsung,” papar Sudaryanto.

12 Bandara yang dikelola AP II adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Polonia (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Sultan Thaha (Jambi) dan Depati Amir (Pangkal Pinang).

Selain itu, PT Angkasa Pura II juga melayani jasa pengaturan lalu lintas udara untuk wilayah udara (Flight Information Region/ FIR) Jakarta. (EN)

Tags:

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031