Ilustrasi (Foto: hendrikuszebua.byethost10.com)

JAKARTA, NIASONLINE – Satu lagi maskapai penerbangan yang menjadikan Pulau Nias sebagai salah satu destinasi layanannya. Kali ini adalah maskapai baru Pacific Royale Airways yang direncanakan beroperasi perdana pada bulan depan ini. Pulau Nias berada pada tahap kedua rencana pengembangan rute penerbangan maskapai itu.

Maskapai yang dipimpin oleh Mantan Direktur Utama maskapai Riau Airlines, Samudera Sukardi tersebut, fokus pada pelayanan full service untuk layanan jarak dekat maupun jarak jauh.

Dalam siaran persnya akhir pekan lalu, maskapai tersebut mengumumkan kedatangan unit kedua pesawat Fokker-50 dengan registrasi PK-PRB di Bandara Hussein Sastranegara Bandung, Jawa Barat.

Pesawat pertama diterima pada 7 Januari 2012 registrasi PK PRA dari Fokker Aircraft, Belanda. Selanjutnya, kedua unit pesawat itu menjalani pengecatan badan serta pemasangan kursi dan karpet. Selanjutnya, akan menjalani uji terbang yang biasa disebut proofing flight oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan.

Untuk tahap awal, kedua pesawat itu, ujar Samudera Sukardi, akan melayani rute Surabaya, Semarang, Bandung, Batam, Pekanbaru, Jambi, Padang dan sejumlah destinasi di Kalimantan.
Maskapai sendiri telah menandatangani pembelian lima unit Fokker 50. Juga akan dilengkapi dengan empat uni pesawat jenis Airbus A320 dan satu unit A330.

Samudera menjelaskan, untuk tahap pertama, rute-rute domestic yang akan diterbangi adalah Batam, Jambi, Kerinci, Padang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pangkalanbun, Bandung, Balikpapan, Makassar dan Pekanbaru serta rute internasional seperti Singapura, Hong Kong dan Kuala Lumpur.

Sedangkan pada tahap kedua, akan memperluas jangkauannya menerbangi kota-kota kecil di Indonesia seperti Gunung Sitoli (Pulau Nias), Meulaboh, Pulau Matak, Pulau Natuna, Dumai, Pangkal Pinang, Banyuwangi, Jember, Madiun dan Solo serta rute internasional yakni India dan Australia. (EN/*)

Facebook Comments