Peta Sumatera Utara

JAKARTA, NIASONLINE – Persiapan pengusulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias sepertinya masih jauh dari ‘mendarat.’ Pasalnya, ternyata sampai saat ini usulan pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara tersebut belum juga diterima Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kemdagri Reydonnyzar Moenek seperti dikutip dari Tribunnews.com, mengaku pihaknya belum menerima usulan pemekaran tersebut sampai saat ini.

“Kami belum dengar rekomendasi dari siapapun soal pemekaran Sumut menjadi empat provinsi. Kami cek dululah kebenarannya. Jika masih wacana saja, kami anggap tidak apa-apa,” ujar Reydonnyzar saat dihubungi, Minggu (11/3/2012) malam.

Sementara itu, masih kepada Tribunnews.com, Asisten I Sekda Pemprov Sumut Hasiholan Silaen menegaskan bahwa Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho sudah menyerahkan usulan pemekaran itu kepada Kemdagri. Tiga usulan provinsi baru tersebut adalah Provinsi Sumatera Tenggara (Sutra), Provinsi Tapanuli, dan Provinsi Kepulauan Nias.

Dia mengatakan, sejak keputusan pemekaran itu disetujui dalam sidang paripurna DPRD Sumatera Utara, suratnya langsung disampaikan ke Gubernur dan Mendagri. Dia juga mengatakan, sejak disampaikan ke Kemdagri, belum ada balasan sampai saat ini. (EN/*)

Sumber: Tribunnews.com

Facebook Comments