Polandia Minati Investasi Wind Turbine di Pulau Nias

Friday, March 2, 2012
By susuwongi

Ilustrasi (www.avsec.org)

JAKARTA, NIASONLINE – Polandia mengincar sejumlah wilayah di Sumatera untuk investasi energi di bidang kelistrikan. Daerah yang biasa digunakan untuk kegiatan selancar (surfing) di Pulau Nias menjadi salah satu yang disasar untuk rencana investasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Dubes RI untuk Polandia Darmansyah Djumala di sela-sela pertemuan dengan misi perdagangan Polandia, di Jakarta, Senin (27/2).

Darmansyah mengatakan, seperti dikutip dari voaindonesia.com, Polandia meminati investasi bidang wind turbine (turbin bertenaga angin) di daerah terpencil dan daerah wisata di Sumatera. Menurut dia, selama ini, daerah-daerah tersebut banyak yang menggunakan generator. Namun, hal itu dinilai mahal sementara di kawasan tersebut potensi tenaga anginnya banyak.

“Untuk sementara, daerah yang disasar untuk investasi adalah Pulau Enggano, Pulau Bangka, dan daerah surfing di Pulau Nias dan Mentawai,” ungkap Darmansyah.

Sejauh ini, terdapat tiga kawasan laut yang biasa digunakan untuk kegiatan selancar. Yakni, Pantai Sorake-Lagundri, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan; Kepulauan Batu, Kabupaten Nias Selatan dan Pulau Asu di Kabupaten Nias Barat. Pantai Sorake-Lagundri merupakan kawasan yang sangat terkenal dan bahkan telah beberapa kali menjadi tuan rumah lomba surfing internasional.

Darmansyah menambahkan, Indonesia dan Polandia sudah menandatangani tiga nota kesepahaman investasi. Yakni, di bidang wind turbine (tenaga angin), produksi conveyor belt (ban berjalan) serta produksi alat-alat remote sensing. Seluruh kegiatan bisnis ini berbasis di Sumatera.

Delegasi bisnis Polandia sendiri akan berada di Sumatera dan Kalimantan selama 27 Februari-2 Maret 2012 utuk melihat lokasi investasi mereka. (EN)

5 Responses to “Polandia Minati Investasi Wind Turbine di Pulau Nias”

  1. 1
    Fasaaro hulu, SS Says:

    yahowu…!

    Kita selalu welcome aja, tapi yang penting adalah semoga memberi keuntungan,,,,,

  2. 2
    gaya ( ama Adit) Says:

    Ya’ahowu / Bravo….

    Ini sangat penting untuk difollow up terutama pemda nias ( khusus Nisel ) ini adalah GOLD OPORTUNITIS buat masyakat nias pada umumnya. sekali saohagolo ……………..

  3. 3
    izfar anaz Says:

    I hope… ni menguntungkan kedua belah pihak n masyarakat juga bisa menikmati xa juga. namun saya tetep mengingatkan “jng ada KKN”.

    fastabikul khairat

  4. 4
    yaaro Says:

    yaahowu
    saya selaku orang nias saya setuju bila da orang yg mau investasi d’nias
    tapi saya harap dengan adana investasi ne jangan ada yg d’rugikan antara kedua belah pihak,,,,

  5. 5
    Bezisokhi Dao Says:

    Dengan adanya investasi kelistrikan ini nantinya akan bermanfaat dan sekaligus menjadi awal terbukanya investasi lain di kepulauan Nias. Dengan investasi kepulauan Nias akan menjadi maju…
    Bezisokhi Dao
    Pulau Tello-Nias Selatan

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

March 2012
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031