Bombardier CRJ 1000 NexGen (Bombardier.com)JAKARTA, NIASONLINE – PT Garuda Indonesia Tbk merealisasikan rencannya membeli armada baru berkapasitas 100 penumpang. Hal itu ditandai dengan penandatanganan pengadaan 18 unit pesawat jenis CRJ 1000 NextGen dengan produsen pesawat Bombardier.

Penandatanganan pembelian tersebut dilaksanakan di chalet Bombardier pada acara pameran dirgantara international Singapore Airshow 2012 di Singapura. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Presiden & COO Bombardier Aerospace Guy Hachey.

Pengadaan pesawat-pesawat tersebut merupakan bagian dari program pengembangan dan ekspansi maskapai milik negara tersebut, khususnya pada pasar domestik dan regional jarak pendek, namun memiliki density yang tinggi. Pesawat-pesawat itu akan mulai beroperasi akhir tahun ini.

“Pesawat ini nantinya akan dioperasikan melalui hub Makassar, Medan dan Balikpapan untuk meningkatkan “connectivity” kota – kota di sekitar ketiga hub tersebut sehingga akan semakin memperkuat jaringan/network Garuda Indonesia secara keseluruhan. Disamping itu, pesawat ini juga akan meningkatkan efisiensi Garuda karena pesawat ini hemat bahan bakar hingga 30%”, ujar Emir seperti dikutip dari rilis yang diterima Nias Online di Jakarta, Rabu (15/2/2012).

Lima unit dari pesanan tersebut akan diterima tahun ini juga dan sisanya akan diterima secara bertahap hingga 2015. Dalam perjanjian pembelian tersebut, Garuda juga diberi hak untuk memesan 18 unit lagi pesawat sejenis.

Bombardier adalah sebuah perusahaan Kanada yang bergerak dalam bidang produksi alat dan perlengkapan transportasi, mulai dari pesawat komersial, jet, serta berbagai perlengkapan transportasi lain.

Bombardier Commercial Aircraft – unit bisnis dari Bombardier Inc – adalah produsen pesawat berkapasitas hingga 145 penumpang, dengan tingkat efektivitas opersional tertinggi di kelasnya. Produk-produk Bombardier antara lain CRJ NextGen family, NextGen Q400, pesawat jet C-series, dan pesawat-pesawat berkapasitas 100-149 kursi (single aisle).

Tampilan dan desain pesawat CRJ 1000 NextGen memiliki interior yang nyaman bagi penumpang. Dilengkapi dengan bagasi kabin yang cukup luas, desain baru yang lebih menarik pada jendela dan panel langit-langit pesawat, dan system pencahayaan kabin dengan teknologi yang yang lebih baik.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi mengungkapkan, pihaknya beberapa waktu lalu dihubungi pihak Garuda untuk menjajaki kemungkinan melayani rute penerbangan langsung ke Nias Selatan dari Bandara Polonia, Medan.

Saat ini, bandara di kabupaten itu, Bandara Silambo yang berlokasi sekitar 1 kilometer dari Pantai Sorake, salah satu tempat selancar terbaik di dunia, sedang dalam tahap pengerjaan. Bahkan, Bupati Idealisman mempercepat penyelesaian bandara itu dan menargetkan sudah beroperasi tahun ini.(EN)

Facebook Comments