Ilustrasi (Antarafoto)

JAKARTA, NIASONLINE – Sebanyak 14 kabupaten dan kota di Sumatera Utara mendapat bantuan mobiler penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Salah satunya, Kabupaten Nias Selatan.

Bantuan itu diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut dan selanjutnya diserahkan kepada 14 BPBD kabupaten dan kota yang prosesinya dilangsungkan di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut di Medan, Jumat (10/2).

Mewakili BNBP, Deputi Logistik BNBP Dewina Nasution menyerahkan bantuan mobiler penanggulangan bencana itu kepada Plt. Gubsu, H. Gatot Pujo Nugroho ST. Dia berharap bantuan tersebut bisa menjadikan daerah peneriman lebih sigap dan tanggap menghadapi bencana.

14 kabupaten/kota penerima bantuan tersebut adalah Nias Selatan, Serdang Bedagai, Mandailing Natal, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Toba Samosir, Tapanuli Selatan, Batu Bara, Asahan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Samosir, Pakpak Bharat, dan Simalungun.

Bantuan BNPB tersebut berupa mobil ambulance, mobil SAR (Search and Rescue), mobil dapur umum, mobil penyulingan air bersih, mobil serba guna, dan sejumlah sepeda motor untuk keperluan lapangan di lokasi bencana.

Pada kesempatan itu, Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho juga menjelaskan bahwa pada 2012, pagu anggaran untuk penanggulangan bencana pada APBN Sumut meningkat 25% dibanding pagu tahun sebelumnya.

Dia juga meminta agar 19 kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD agar segera membentuknya. Menurut dia, keberadaan lembaga tersebut sangat penting dalam menangani dan menghadapi bencana. (EN/sumutprov.go.id)

Facebook Comments