Pangkostrad Letjen AY Nasution Kunjungi Desa Bawömataluo

Saturday, February 4, 2012
By susuwongi

Pangkostrad Letjen AY Nasution (foto: twitter)

JAKARTA, NIASONLINE – Dalam rangka kunjungan kerja ke Pulau Nias, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Azmyn Yusri Nasution juga mengunjungi Kabupaten Nias Selatan.

Sehari sebelumnya, Pangkostrad tiba di Nias dan melakukan kegiatan ceramah kebangsaan di Kota Gunungsitoli yang dihadiri oleh para pejabat kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli.

“Kunjungannya untuk silaturahmi saja,” ujar Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi menjelaskan soal kedatangan Pangkostrad tersebut saat dihubungi Nias Online, Sabtu (4/2/2012).

Setelah bertemu Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi dan melakukan dialog dengan elemen mahasiswa dan pelajar di pendopo Bupati Nias Selatan, rombongan meneruskan perjalanan dengan mengunjungi Desa Bawömataluo.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö menjelaskan, dalam kunjungan kerja tersebut, Pangkostrad didampingi oleh istrinya Hanum AY Nasution, Asisten Intelijen Kas Kostrad, Kapen Kostrad, Waas Ops Kostrad, Danrem 023 KS, Kasrem 023 dan rombongan.

Dalam kunjungan ke Bawömataluo, jelas Ariston, Pangkostrad disambut dengan berbagai atraksi. Di antaranya, atraksi tari perang (faluaya) dan lompat batu (fahombo). Pangkostrad juga meninjau Omo Sebua.

Ariston menjelaskan, pada kesempatan itu, Pangkostrad juga diberikan tanda penghormatan (sumane) berupa baju tradisional dan perangkat peralatan perang tradisional. Pangkostrad tampak sangat bangga dengan penyambutan yang diterimanya.

“Pangkostrad sempat mengucapkan, selain saya Panglima di tubuh TNI AD, saya juga sekarang Panglima jifatele (pasukan perang, red) Nias,” ujar Ariston.

Pada kesempatan itu, tambah Ariston, tokoh adat Bawömataluo Waspada Wau memaparkan dan mengingatkan mengenai sejarah kepahlawanan Saönigeho, salah satu raja di desa adat tersebut yang memimpin perlawanan hebat terhadap kolonisasi Belanda di wilayah Nias Selatan. Kini, namanya diabadikan sebagai nama jalan utama di Kota Teluk Dalam, Nias Selatan dan berbagai pihak merencanakan mengusulkannya sebagai kandidat pahlawan.

“Pada kesempatan itu juga, sebagai Kades, saya meminta perhatian Pangkostrad untuk putra-putri terbaik Nias Selatan diberi kesempatan masuk di Akademi Militer maupun kepolisian,” kata Ariston.

Suksesi Pilgubsu?

Ariston juga menyampaikan pesan khusus kepada Pangkostrad. Yakni, agar lekas kembali ke Sumatera Utara karena masyarakat Nias Selatan mengharapkan figurnya menjadi pemimpin Sumut.

“Artinya, dengan bapak sudah menginjakkan kaki di Nias berarti bapak sudah paham betul apa yang harus diperbuat untuk membangun Nias agar menjadi andalan Sumut dan kebanggaan Indonesia terutama di bidang pariwisata, sosial budaya masyarakat dan ekonomi,” tutur dia.

Beberapa pihak yang tidak mau disebut namanya juga memberi penilaian yang berbeda terhadap kunjungan ini. Mereka menduga kunjungan ini tidak lepas dari nuansa terkait suksesi Pemilihan Gubenur Sumut pada 2013.

Seperti diketahui, paska pengumuman jadwal pelaksanaan Pilgubsu pada 7 Maret 2013, saat ini di berbagai media dan juga di publik Sumut mulai ramai bermunculan nama-nama yang digadang-gadang menduduki posisi gubernur Sumut. Meski masih menjabat sebagai anggota TNI aktif, namun, Letjen AY Nasution masuk dalam salah satu dari sejumlah nama yang mengemuka.

Letjen AY Nasution diperkirakan menjadi salah satu kandidat yang potensial. Sebab, selain jabatan dan pengalaman militernya, dia juga merupakan putra daerah Sumut. AY Nasution adalah putra dari mantan Bupati Tapanuli Selatan HM Nurdin Nasution.

Letjen AY Nasution, Januari lalu, seperti dikutip dari medanbisnisdaily.com mengungkapkan bahwa dia merasa terpanggil dan siap kapan saja untuk membangun Sumut, ketika ditanya soal kesiapannya untuk kembali mengabdi di Sumut.

“Wah, ini kan kampung saya sendiri, masa saya berkhianat, yah harus siap dong. Saya merasa terpanggil membangun Sumut apapun kapasitas saya, karena memang di sini ada keprihatinan,” ujar dia kepada wartawan pada acara pelantikan PD II GM FKPPI Sumut, di Convention Hall Hotel Danau Toba Internasional, Jalan Imam Bonjol, Medan, Sabtu (21/1/2012).

Namun, ketika ditanya apakah itu merupakan indikasi kesiapannya ikut berlaga di Pilgubsu, dia membantahnya. Dia mengatakan, bahwa belum memikirkan soal menjadi cagubsu.

“Saya kan masih tentara aktif, saya belum bisa memberi komentar, belum saatnya,” katanya. (EN/*)

4 Responses to “Pangkostrad Letjen AY Nasution Kunjungi Desa Bawömataluo”

  1. 1
    Fasaaro hulu, SS Says:

    Yhw …!

    ada kunjungan ada, ada maunya..
    kita tunggu aja …

    saoha golo!

  2. 2
    Fasaaro hulu, SS Says:

    Yhw …!

    ada kunjungan, ada maunya..
    kita tunggu aja …

    saoha golo!

  3. 3
    Yshat Laia Says:

    berfikirlh positif…..!!!!!!

  4. 4
    Intro Harefa Says:

    Luar biasa,, nias semakin maju.. Saya salut dengan Bupati Nias Selatan yang terbukti memajukan Nias ke Kanca Nasional dan Internasional..
    SALUTT PAK.. GOD BLESS YOU

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2012
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829