Peta Kepulauan Nias (Foto: niasjaya.wordpress.com)

JAKARTA, NIASONLINE – Tidak hanya di Pulau Nias, Badan Persiapan Pembentukan (BPP) Provinsi Kepulauan Nias juga akan dibentuk di Jakarta dan Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tujuannya, agar persiapan-persiapan terkait rencana menggolkan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias dapat dilakukan secara lebih baik dan lebih cepat.

“Beberapa waktu mendatang, BPP Provinsi Kepulauan Nias akan membentuk kepengurusan BPP Provinisi Kepulauan Nias yang berkedudukan di wilayah Medan dan Jakarta,” ujar Ketua Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias Sókhiatuló Laoli dalam sambutannya yang mewakili seluruh kepala daerah se-kepulauan Nias pada perayaan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 Forum Komunikasi Niha Keriso Ono Niha (FKNO)-Jabodetabek di Auditorium BPPT, Jakarta, Sabtu (21/1/2012).

Sókhiatuló yang juga Bupati Nias tersebut mengharapkan kesedian masyarakat Nias di wilayah Jabodetabek untuk mendukung agenda BPP Provinsi Kepulauan Nias dan turut berpartisipasi dalam perjuangan mewujudkan terbentuknya provinsi Kepulauan Nias. meski begitu, dia belum mengungkapkan, kapan pembentukan pengurus BPP di Jakarta dan Medan tersebut.

Dia menjelaskan, pada 21 Desember 2011, bertempat di Pendopo Kantor Bupati Nias, telak dilaksanakan pengukuhan penyempurnaan kepengurusan BPP oleh Forkada se-kepulauan Nias. penyempurnaan dilakukan dengan pertimbangan efektifitas tan efisiensi agar BPP dapat lebih proaktif dan bersinergi dalam memperjuangkan aspirasi dan keinginan masyarakat Nias untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan Provinisi Kepulauan Nias.

Dalam sambutannya, Sókhiatuló juga mengulas perkembangan terbaru saat ini di Pulau Nias. Sebelumnya, ketika masih dalam satu kabupaten, tidak ada pembangunan yang signifikan di Pulau Nias.

“Kalau dulu anggaran untuk Pulau Nias itu hanya sekitar Rp 300 miliar per tahun, sekarang, dengan menjadi lima daerah otonomi, maka total APBD seluruh daerah di Pulau Nias menjadi hampir Rp 2 triliun. Melalui pemekaran menjadi provinsi nanti, diharapkan, dana bisa masuk lebih banyak ke Pulau Nias,” jelas dia pada acara yang juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro tersebut.

Melalui kesempatan itu, dia juga menyampaikan permohonan dukungan pemerintah melalui Menhan Purnomo mengingat keinginan menjadi provinsi sendiri itu adalah aspirasi masyarakat Nias.

Menanggapi hal itu, saat menyampaikan sambutannya, Menhan Purnomo mengatakan, akan menyampaikan aspirasi itu kepada para koleganya di pemerintahan. (EN)

Facebook Comments