Ketua DPC PIKI Nias Selatan Pdt. Foluaha Bidaya, M. Div. (foto: akun FB)

JAKARTA, NIASONLINE – Dukungan atas keterwakilan masyarakat Nias pada pemilihan gubernur Sumatera Utara (Sumut) mulai bermunculan. Kali ini, dukungan diberikan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Nias Selatan.

“Kita punya banyak kandidat yang layak untuk itu. Sudah lama kita tidak pernah tampil berpartisipasi di tingkat provinsi. Kami mendukung upaya untuk pencalonan perwakilan masyarakat Nias di Pilgubsu itu,” ujar Ketua DPC PIKI Nias Selatan Pdt. Foluaha Bidaya, M. Div. kepada Nias Online, Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Mantan Ephorus Gereja Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) tersebut mengaku, dalam beberapa kesempatan, beberapa kelompok masyarakat juga menanyakan hal serupa kepadanya akhir-akhir ini.

Menurut dia, beberapa nama yang memiliki kompetensi itu di antaranya, Direktur Eksekutif Bank Dunia Dr. Hekinus Manaö, Pengajar Lemhanas Mayor Jenderal Christian Zebua, anggota Komisi II DPR RI Yasonna H Laoly, dan mantan anggota DPR RI Arisman Zagötö.

“Bahkan, Pak Idealisman (Bupati Nias Selatan) benar-benar serius akan maju, kami akan mendukungnya,” tegas mantan calon Wakil Bupati Nias Selatan periode 2011-2016 tersebut.

Dia juga minta agar semua eleman masyarakat menseriusi upaya ini. Termasuk kepada para kandidat dan tokoh masyarakat agar berembug. Sehingga, sedapat mungkin menentukan kandidat yang dinilai layak untuk maju, dan kemudian memutuskan satu nama saja dari antara mereka. Selanjutnya, juga harus didukung dengan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat di lima daerah otonomi di Pulau Nias, bahkan warga Nias di daratan Sumatera Utara.

“Saatnya membuktikan diri bahwa kita juga bisa. Yakinlah,” tandas dia.

Dukungan serupa sebelumnya, juga diberikan oleh DPP Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI). Dalam pernyataannya, HIMNI menegaskan bahwa dukungan itu sesuai rekomendasi dalam Munas III Himni di Nias pada Juli 2011.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Dr. Hekinus Manaö dan Mayjen Christian Zebua telah menyatakan ketidaksediaannya mengingat status dan jabatan mereka saat ini.

Sebaliknya, secara gamblang, Bupati Idealisman Dachi telah menyatakan akan mencalonkan diri pada Pilgubsu pada 7 Maret 2013 tersebut. (Etis Nehe)

Facebook Comments