PIKI Nias Selatan Dukung Putra Nias Pada Pilgubsu 2013

Friday, January 20, 2012
By susuwongi

Ketua DPC PIKI Nias Selatan Pdt. Foluaha Bidaya, M. Div. (foto: akun FB)

JAKARTA, NIASONLINE – Dukungan atas keterwakilan masyarakat Nias pada pemilihan gubernur Sumatera Utara (Sumut) mulai bermunculan. Kali ini, dukungan diberikan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Nias Selatan.

“Kita punya banyak kandidat yang layak untuk itu. Sudah lama kita tidak pernah tampil berpartisipasi di tingkat provinsi. Kami mendukung upaya untuk pencalonan perwakilan masyarakat Nias di Pilgubsu itu,” ujar Ketua DPC PIKI Nias Selatan Pdt. Foluaha Bidaya, M. Div. kepada Nias Online, Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Mantan Ephorus Gereja Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) tersebut mengaku, dalam beberapa kesempatan, beberapa kelompok masyarakat juga menanyakan hal serupa kepadanya akhir-akhir ini.

Menurut dia, beberapa nama yang memiliki kompetensi itu di antaranya, Direktur Eksekutif Bank Dunia Dr. Hekinus Manaö, Pengajar Lemhanas Mayor Jenderal Christian Zebua, anggota Komisi II DPR RI Yasonna H Laoly, dan mantan anggota DPR RI Arisman Zagötö.

“Bahkan, Pak Idealisman (Bupati Nias Selatan) benar-benar serius akan maju, kami akan mendukungnya,” tegas mantan calon Wakil Bupati Nias Selatan periode 2011-2016 tersebut.

Dia juga minta agar semua eleman masyarakat menseriusi upaya ini. Termasuk kepada para kandidat dan tokoh masyarakat agar berembug. Sehingga, sedapat mungkin menentukan kandidat yang dinilai layak untuk maju, dan kemudian memutuskan satu nama saja dari antara mereka. Selanjutnya, juga harus didukung dengan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat di lima daerah otonomi di Pulau Nias, bahkan warga Nias di daratan Sumatera Utara.

“Saatnya membuktikan diri bahwa kita juga bisa. Yakinlah,” tandas dia.

Dukungan serupa sebelumnya, juga diberikan oleh DPP Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI). Dalam pernyataannya, HIMNI menegaskan bahwa dukungan itu sesuai rekomendasi dalam Munas III Himni di Nias pada Juli 2011.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Dr. Hekinus Manaö dan Mayjen Christian Zebua telah menyatakan ketidaksediaannya mengingat status dan jabatan mereka saat ini.

Sebaliknya, secara gamblang, Bupati Idealisman Dachi telah menyatakan akan mencalonkan diri pada Pilgubsu pada 7 Maret 2013 tersebut. (Etis Nehe)

5 Responses to “PIKI Nias Selatan Dukung Putra Nias Pada Pilgubsu 2013”

  1. 1
    Dara Eli Laia, A.Md Says:

    bagi saya secara pribadi, berita ini adalah berita yang paling penting untuk disimak dan diketahui oleh sluruh masyarakat kepulauan Nias di seluruh Indonesia bahwa ada putra Nias yang hendak maju untuk Pilgubsu ke depan. kami bangga dengan adanya putra Nias yang memiliki keberanian dan kompetensi serta kapabilitas untuk memimpin SUMUT. khususnya saya sebagai ketua cabang Lembaga Pengkajian Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (LP2WD) Nias Selatan akan mendukung penuh putra Nias yang manju dalam pesta dmokrasi besar ini, karena kami berharap bahwa dengan adanyab putra Nias yang terpilih nantinya, pembangunan ekonomi, SDM, sDA di nias mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.
    dengan ini kami juga mmberitahukan kepada semua masyarakat Nias untuk mendukung kami dalam rencana kegiatan Seminar dengan Tema :
    “Grand Desain pembangunan Nias menuju Kepualuan Nias yang Mandiri dan Sejahtera” & “Otonomi Daerah Dalam Fenomena Pemekaran”
    hal ini kami bahas dalam rangka mempersiapkan Nias menuju provinsi.

  2. 2
    S.TELAUMBANUA Says:

    sy setuju sekali ada calon dari NIAS

  3. 3
    barnaul silitonga Says:

    saya saja bermarga silitonga. Pasti mendukung bila ada yg maju jadi pilkada gubsu/ hannya numpang saran/ perbuat persiapan mulai dini/ kami juga warga nisel luar suku nias tetap dukung/gbu

  4. 4
    Pdt. Alvius Wau, S.Th Says:

    Siapa saja boleh mencalonkan diri pada Pilgubsu 2013 asalkan orangnya TAKUT TUHAN dan memiliki motifasi membangun SUMUT bukan pribadi, keluarga atau kelompok tertentu. Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah.Semoga……….

  5. 5
    Marsel Says:

    Baiknya jadi Balon Gubernur itu harus orang yang dekat dengan masyarakat. Bukan pada saat PEMILU/PILGUBSU. Pada umumnya yang saya lihat Calon Pejabat seperti itu hanya ingin dipilih buKan karena Ada sesuatu hal yang bisa diperjuangkaan untuk kepentingan masyarakat pada umumnya. Siapapun jadi BALON pada PILGUBSU Periode 2013-2018 harus orang yang benar-benar Memahami betul apa yang diharapkan oleh masyarakat, bukan kepentingan elitnya saja. Contoh saja PILGUB DKI Jakarta, menjadi s salah satu contoh bagi daerah lain, bagaimana masyarkat Jakarta memilih Pemimpin dengan pikiran yang rasional. Siapapun Dia BAlon GUBSU, yang paling penting adalah Memahami apa yang Diharapkan masyarakat Sumatera Utara dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031