HIMNI Dukung Keterwakilan Masyarakat Nias Pada Pilgubsu 2013

Thursday, January 19, 2012
By susuwongi

Ketua DPP Himni bidang Humas Anton Anötöna Zagötö

JAKARTA, NIASONLINE – Organisasi Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) mendukung keterwakilan masyarakat Nias pada pemilihan gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada 2013. Selain karena merupakan aspirasi masyarakat, juga karena hal itu merupakan rekomendasi Musyawarah Nasional (Munas) III Himni yang dilaksanakan di Gunungsitoli tahun lalu.

“Putra-putri Nias ikut bertarung menjadi Gubsu adalah hak sebagai warga negara. Selain itu, mengenai majunya Putra Nias menjadi Gubsu ini sudah dari tahun lalu menjadi perbincangan serius di tengah masyarakat Nias di Pulau Nias, di daratan Sumatera Utara maupun di seluruh Indonesia. Hal itu dipertegas saat Munas III Himni di Nias, Juli 2011, dimana seluruh DPD dan DPC dari seluruh Indonesia mengusulkan dalam Munas menjadikan hal itu sebagai rekomendasi,” ujar Ketua DPP HIMNI bidang Humas Anton Anötöna Zagötö dalam rilisnya kepada Nias Online, Rabu (18/1/2012).

Pria yang biasa dipanggil Ama Calvin tersebut menjelaskan, dari sisi sumber daya manusia (SDM), sudah banyak warga Nias yang memiliki kapasitas memimpin Sumut. Baik dari latar belakang militer, pengusaha, politisi, birokrat hingga tokoh maupun budayawan. Pihaknya juga menilai, kelima kepala daerah di lima daerah otonomi di Pulau Nias saat ini, layak disandingkan dengan calon dari luar suku Nias.

Ama Calvin juga mengungkapkan, dukungan konkrit Himni tersebut adalah diantaranya, kesiapan semua DPC Himni di wilayah Sumut untuk menjadi tim sukses dan mendukung usaha menjadikan kandidat asal Nias menjadi Gubsu. Meski begitu, dia mengatakan, HIMNI tidak akan menyebut atau mendorong nama tertentu untuk pencalonan itu. Intinya, siapapun yang maju, akan didukung.

Seperti diberitakan Nias Online sebelumnya, menyusul pengumuman KPUD Sumut mengenai penetapan tanggal pelaksanan Pilgubsu pada 7 Maret 2013, muncul aspirasi mendorong adanya wakil masyarakat Nias pada Pilgubsu 2013.

Beberapa nama sempat disebut dan dinilai layak, yakni Direktur Eksekutif Bank Dunia Dr. Hekinus Manaö, anggota Komisi II DPR RI (PDI-Perjuangan) Dr. Yasonna H. Laoly dan Tenaga Pengajar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Mayor Jenderal Christian Zebua.

Namun, kepada Nias Online, Dr. Hekinus Manaö dan Mayor Jenderal Christian Zebua telah memastikan ketidaksediaan mereka untuk berlaga karena status dan jabatan mereka saat ini belum memungkinkan untuk itu.

Sementara itu, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi juga, secara terbuka telah menyatakan kesediaan dan kesiapannya untuk mencalonkan diri pada Pilgubsu tersebut. (Etis Nehe)

6 Responses to “HIMNI Dukung Keterwakilan Masyarakat Nias Pada Pilgubsu 2013”

  1. 1
    Pdt.Foluaha Bidaya, M.Div Says:

    Sehubungan dengan beberapa anggota masyarakat Nias Selatan dalam kesempatan-kesempatan tertentu menanyakan kepada saya mengenai siapa figur putra terbaik Nias Selatan dan Nias yang memenuhi syarat dan memiliki kompetensi daya saing untuk maju sebagai calon Gubsu/Wagubsu tahun 2012, maka jawaban saya adalah selain DR.Hekinus Manao dan Mayor Jenderal Christian Zebua, andalan kita yang lain adalah Drs.Idealisman Dachi, DR.Yasona H.Laoly, Drs.Arisman Zagoto, dan DR (HC)Hadirat Manao, MH. Namun jika kita mau memenangkan pertarungan, biarlah bung-bung ini berunding supaya satu saja yang maju. Saatnya masyarakat Kepulauan Nias membuktikan diri bahwa kita juga bisa! Yakin. (Pdt.FL.Bidaya)

  2. 2
    Richward Fau Says:

    Saya pribadi lebih mengapresiasi dan mendukung kesediaan bupati Nias Selatan (Idealisman Dakhi) untuk maju sebagai kandidat gubernur sumut, biar bersaing dengan kandidat lain seperti bang Parlindungan Purba (DPD Sumut), bang Gus Irawan (Dirut Bank Sumut) dan kandidat lainnya, dan yang lebih dahsyat lagi biar program gratisnya Idealisman Dakhi lebih menggema dan membumi di wilayah Sumatera Utara.

    Sukses buat Bupati Nias Selatan

  3. 3
    bualasokhi nitema Says:

    Semangat masyarakat kepulauan nias menyongsong pilgubsu tahun 2013 telah menjadi magnet berita di beberapa media cetak elektronik termasuk website yang dikelola oleh putra/i nias.

    Meskipun hari pendaftaran belum tiba tapi semangat itu semakin memanas dan untungnya seluruh masyarakat nias bersatu hati bahwa target harus menang. Itu juga maka semua mengingatkan agar jangan mencalonkan lebih dari satu orang mewakili suku Nias, sehingga suara dari 4 kabupaten, 1 kota dan orang nias yang tersebar diseluruh daratan sumatera utara terkonsentrasi pada satu pasang calon dimana terdapat calon orang nias.

    Dari perespon terdahulu sepertinya terkonsentrasi pada putra putri nias selatan. Tapilupa bahwa kita sedang tidak berbicara dari mana kabupatennya yang pentig orang nias. Namun demikian selain calon kandidat yang namanya terdapat direspon sebelumnya kita jangan lupa bahwa Bupati Nias Sokhiatulo Laoli dan ketua umum HIMNI saat ini Agus Gea, SH adalah sosok yang memiliki jaringan secara luas.

    Dari nama-nama yang disebutkan diatas semua adalah tokoh-tokoh HIMNI baik sebagai MPO maupun sebagai DPP HIMNI. Saya sendiri jauh lebih optimis sekarang akan berpeluang besar orang nias jadi GUBSU karena HIMNI dan jaringan gereja-gereja yang berpusat di kepulauan nias relatif sudah ada disetiap kabupaten kota bahkan sampai kepedalaman.

    Hal yang tidak boleh diabaikan adalah melibatkan para kandidat semua sebelum maju untuk melakukan pembicaraan di HIMNI karena dengan organsasi inilah yang mengikat kebersamaan kita setelah pemekaran terwujud. Berikut faktor tim sukses yang tidak kalah cerdas untuk dibutuhkan pada proses itu adalah pak Arisman Zagoto (Ama Rai) dan Pak Faigiziduhu Ndruru (Ama Putri) yang menurut hemat kami kedua orang ini mempunyai kemampuan memediasi kelompok internal orang nias dan juga melakukan pendekatan ke pihak eksternal. Dan tentu sosok yang lain masih banyak, dan pasti akan dengan sendirinya muncul pada saat dibutuhkan. Ini persaingan biasa tapi bertarung demi kehormatan orang nias.

  4. 4
    Sujud Laia Says:

    Saya pribadi lebih mengapresiasi dan mendukung kesediaan pak yasonna laoli (anggota DPR-RI), untuk maju sebagai kandidat calon gubernur sumut dalam membangun dan memajukan propinsi sumut untuk jauh lebih baik ke depan.

  5. 5
    Yason Ziliwu Says:

    Siapapun dari salah satu Putra Nias yang maju ke PILGUB SUMUT, selalu kita dukung…selagi niat untuk menyukseskan dan memimpin dengan ikhlas,niat dan tanggungjawab melekat pada pribadi CAGUB, kita selalu mendukungnya….., tentunya ini adalah suatu kebanggaan kita sebagai masyarakat nias apabila putra dari nias tidak mau tertinggal dan menyatakan kepada negara dan dunia bahwa nias juga mampu.

    suatu kebanggaan kita tentunya salah satunya yang telah mampu memperlihatkan bahwa nias itu mampu adalah jempol wwajar kita ajukan untuk bpk.Hikenus manao yang sekarang sebagai drektur eksekutif BANK Dunia, yang tentunya membawa suatu kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat nias.

    Terlepas dari semua itu, masih banyak anak nias yg mampu yg perlu kita dukung, yg perlu kita support untuk bisa maju membawa bendera nias ke kancah elit politik nasional maupun internasional.

    Sukses untuk Putra Nias……

  6. 6
    sudir yaman waruwu Says:

    akhirnya tak satupu jadi Calon Gubernur Sumut.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2012
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031