Dr. Hekinus Manaö dan Mayjen Christian Zebua Tak Calonkan Diri

Wednesday, January 18, 2012
By susuwongi

Dr. Hekinus Manaö (Foto: harianberita.com)

JAKARTA, NIASONLINE – Dua putra terbaik Pulau Nias, yakni Executive Director of the Southeast Asia Group di World Bank (Bank Dunia) Hekinus Manaö dan Mayor Jenderal Christian Zebua memastikan tidak akan mancalonkan diri pada pemilihan gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2013. Status dan jabatan keduanya saat ini, belum memungkinkan untuk ikut berlaga.

“Saya tentara aktif. Tidak akan berkomentar atau campuri masalah politik. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Nias terhadap saya,” ujar Mayor Jenderal Christian Zebua melalui pesan singkat kepada Nias Online di Jakarta, Senin (16/1/2012).

Meski begitu, dia mengaku selalu berdoa agar Nias dapat sejajar dengan daerah lain dalam segala hal, untuk berkontribusi kepada bangsa dan tanah air dalam mencapai masyarkaat adil dan makmur.

Saat ini, Mayjen Christian Zebua menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengajar Bidang Padnas Lemhannas RI setelah kenaikan pangkat dari Brigjen dengan jabatan Wakil Asisten Logistik Kepala Staf TNI AD (KSAD) pada Agustus 2011. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad) saat berpangkat Kolonel.

Sementara itu, Hekinus menilai bagus aspirasi masyarakat Nias mengenai perlu adanya perwakilan masyarakat Nias pada Pilgubsu. Dia juga mengapresiasi gagasan agar adanya partisipasi yang lebih meningkat dari warga Nias pada pemerintahan provinsi.

Meski begitu, dia mengaku keadaan saat ini belum memungkinkan bagi dia untuk mencalonkan diri ataupun dicalonkan. Mantan Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan tersebut mengatakan sebagai birokrat profesional, tahu apa yang harus dikerjakan saat ini, yakni fokus pada perbaikan manajemen pelayanan publik, sekaligus aktif membuktikan bahwa pemerintahan itu harus bersih. Selain itu, secara praktis, dia juga mengaku, selama ini jauh dari panggung politik.

“Jadi kemungkinan untuk aktif mengajukan diri, hanya mungkin kalau iklim pemilihan
gubernur dapat dilaksanakan dengan bersih, hal yang masih sangat impossible di kalangan orang Sumut. Saya tidak mungkin terlibat dalam praktek tidak sehat dan tidak bersih. Ini yang pasti jadi hambatan terhadap niat itu,” jelas dia melalui email kepada Nias Online, Selasa (17/1/2012).

Bupati Idealisman Dachi

Dia juga menambahkan, sementara ini, dia juga masih menjalankan tugas dari pemerintah Indonesia untuk mewakili negara Asean di World Bank. Sejak November 2010, Hekinus bertugas di kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat.

Di lembaga itu dia bekerja bersama dengan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, atasannya semasa menjabat di Kementerian Keuangan. Di bank tersebut, Hekinus membawahi 10 negara di Asia-Pasifik, yaitu Brunei Darussalam, Thailand, Fiji, Indonesia, Laos, Myanmar, Nepal, Singapura, Malaysia, Tonga dan Vietnam.

Beberapa nama yang disebut dan dinilai layak untuk itu mencalonkan diri adalah Direktur Eksekutif Bank Dunia Hekinus Manaö, anggota DPR RI Yasonna H. Laoly dan Mayor Jenderal Christian Zebua.

Namun, di luar ketiga nama itu, di luar dugaan, Bupati Idealisman Dachi malah membuat langkah lebih jauh. Bupati Nias Selatan yang belum genap setahun menjabat tersebut, menyatakan kesiapannya untuk maju dan mencalonkan diri pada Pilgubsu pada 7 Maret 2013 tersebut. (Etis Nehe)

12 Responses to “Dr. Hekinus Manaö dan Mayjen Christian Zebua Tak Calonkan Diri”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 11
    Ncek Stay Says:

    Benny.k.M(Bazisokhi), Salut Om,,,!

  2. 12
    Ncek Stay Says:

    Salut untuk Om Hekinus.Manao,Dear Benny.Kharisma.Manao (Ono.Bazisokhi)

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031