Bupati Idealisman Dachi Akan Calonkan Diri Jadi Gubernur Sumatera Utara

Bupati Idealisman Dachi

JAKARTA, NIASONLINE – Kabar mengejutkan datang dari Pulau Nias, khususnya Kabupaten Nias Selatan (Nisel). Bupati Nisel Idealisman Dachi, secara mengejutkan menyatakan siap untuk maju dan mencalonkan diri menjadi gubernur pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang akan digelar pada 7 Maret 2013.

“Saya pertimbangkan untuk maju pada Pilgubsu tahun depan. Saya sudah siap untuk maju,” ujar Bupati Idealisman Dachi kepada Nias Online di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Ditanya mengenai pertimbangannya untuk maju, Bupati Idealisman mengatakan, karena keyakinan bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk melakukan terobosan-terobosan untuk kemajuan Sumatera Utara.

“Pertimbangan lainnya, untuk menunjukkan bahwa Pulau Nias juga punya sumber daya manusia yang mampu untuk bersaing dan berkapasitas memimpin Sumatera Utara,” tegas dia.

Ditanya mengenai partai pengusung yang akan menjadi kendarannya mencalonkan diri, dengan percaya diri mengatakan, hal itu bukan masalah utama. Setelah menyatakan kesiapan maju, kata dia, tinggal melakukan lobi-lobi ke partai-partai dan berbagai pihak terkait.

Bupati Idealisman sendiri belum setahun menjalani jabatannya sebagai Bupati Nisel bersama Wakilnya, Hukuasa Ndruru. Meski begitu, sejumlah terobosan besar dilakukan dalam beberapa bulan saja setelah memulai tugasnya.

Di antaranya, program pendidikan gratis mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi (PT). Saat ini, puluhan mahasiswa terbaik asal Nias Selatan juga disekolahkannya di berbagai universitas di Jawa dan di Sumatera Utara. Mereka belajar di berbagai jurusan berbeda, termasuk sekitar 20 mahasiswa khusus untuk kedokteran. Selain itu, juga menggratiskan biaya pelayanan kesehatan dasar untuk seluruh masyarakat.

Bupati Idealisman sendiri, bukanlah orang baru di dunia politik. Sebelum mencalonkan diri menjadi Bupati Nisel, dia adalah anggota DPR RI pada periode 2004-2009. Dia juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dan memiliki sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta dan di Pulau Nias.

Pernyataan kesiapan untuk mencalonkan diri ini memang mengejutkan. Sebab, sebelumnya, dari wawancara dengan beberapa warga Nias, tidak ada menyebut namanya sebagai kandidat yang layak mencalonkan diri mewakili masyarakat Nias. Pertimbangan jabatannya sebagai Bupati Nisel dan belum lama menjabat, dinilai tidak mungkin ditinggalkan begitu saja.

Beberapa nama yang disebut dan dinilai layak untuk itu mencalonkan diri adalah Direktur Eksekutif Bank Dunia Hekinus Manaö, anggota DPR RI Yasonna H. Laoly dan Mayor Jenderal Christian Zebua. (Etis Nehe)

Komentari

hikmat says:

Dear ALL.

Mencalonkan diri itu salah satu comitmant terhadap dirinya untuk meningkatkan dan memajukan daerah Nias secara umum………..siapa pun calonnya, berjiwa Budipekerti…….saya rasa nias kedepan semakin maju.
GBU ALL.

juvenhulu says:

pak,Tuhan itu tidak buta, jikalau bapak sudah m’beri yg terbaik dimata masyarakat nisel maka tuntutan apapun yg dilakukan oleh musuh2 bapak,pasti terhindar dari semua itu. saya sendiri,sbg masyarakat biasa sdh mersakan perubahan d’nisel ini mis: uang school/kuliah gratis, pengobatan gratis dll. makanya org yg mengatakan bhwa tdk pernah dia merasakan kinerja (kegigihan)bapak selama ini, boleh saya katakan org itu belum sadar alias’ suka mengacok’. dibanding Bupati2 selama ini,sama sekaLI TDK SAYA MENIKMATINYA kinerja mereka pada saat itu.ISTILAH LAIN” AYAM YANG SEDANG MENGOREK MAKANANNYA”. saya mengajak kita sbg anggota masyarakat nisel supaya berbicara sesuai dengan realitasnya.jangan mudah diprofekator!!!!!bangkit tRUUz PAK BUPATI

juvenhulu says:

i like if Bupati Nisel wants to bee a Gubsut

samzull says:

Syalom kepada bpk/I pimpinan dan investor yang ingin memajukan bangsa dan tanah air kita indonesia dlm hal ini apa bila terkendala dalam dana ‘ kami bisa membatu dgn jaminan proyek itu sendiri dan bisa melunasi sampai 30 thn. Yang bisa kami cairkan dananya antara lain 1.jalan Tol 2. Rumah sakit terpadu 3. Pelabuhan laut dan bandara serta pengalihan fungsi hutan menjadi pertanian. Dana yg di cairkan hingga Triliunan rupiah. Oleh sebab itu mari ambil kesempatan klu tdk kami berali ke daerah lain bahkan negara lain yg mampu memajukan daerahnya kotanya. Butuh info hub 0852.1238.4737

niat says:

saya bangga dengan program bapak di saat ne…, mbuat anak nias tetap maju dan mempunyai pendidikan. thanks pak, untuk programnya mudhan kedepan nya lebih meningkat lagi.

gbu….Ya’ahowu.

Kasihan says:

Trelambat sudah, semuanya bohong dan omong kosng doaaangg…..????

Sediiih bangeeet, dan sangat kecewa, karena tinggal beberapa hari lagi akan dilaksanakan pilkada sumut, namun Pura NIAS tidak ada satupun yang jadi calon Gubsu…,

Renata Ndruru says:

Ya’ahowu :)

Saya sangat mendukung jika Pak Idealisman menjadi calon GubSu.
Semangat Pak,,, banyak dukungan untuk Bapak dari kami khususnya suku Nias.. Doa kami menyertai Bapak. GB :)

Pemerhati Kep NIAS says:

Kalau program Dan janji2 waktu Pilkada Bupati udah nyata Dan terbukti, tambah salut kita untuk semangat pak Bupati Nisel mau menyalonkan diri sebagai Gubsu. Saat ini Kab Nisel msh di posisi level bawah tingkat kesejahteraannya dibanding kab lain di Sumut. Lebih bagus kalau dikejar dulu ketertinggalannya. Kalau udah berhasil pasti Para Pemimpin daerah diperhitungkan utk posisi jabatan lebih tinggi.
Horas. Yaahowu.

PETERADI CHRISTIAN ZENDRATO,SPd,MPdK says:

Bung IDEALISMAN DACHI anda maju saja, soal menang kalah that is not problim, saya punya usul calon pasangan WAKIL GUBERNUR anda Mr.SOFYAN TAN dan coba connect to Mr.Analisman Zalukhu maybe from PDI Perjuangan you can go, Gob Bless You Always, YA’AHOWU