Bupati Idealisman Dachi Akan Calonkan Diri Jadi Gubernur Sumatera Utara

Tuesday, January 17, 2012
By susuwongi

Bupati Idealisman Dachi

JAKARTA, NIASONLINE – Kabar mengejutkan datang dari Pulau Nias, khususnya Kabupaten Nias Selatan (Nisel). Bupati Nisel Idealisman Dachi, secara mengejutkan menyatakan siap untuk maju dan mencalonkan diri menjadi gubernur pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang akan digelar pada 7 Maret 2013.

“Saya pertimbangkan untuk maju pada Pilgubsu tahun depan. Saya sudah siap untuk maju,” ujar Bupati Idealisman Dachi kepada Nias Online di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Ditanya mengenai pertimbangannya untuk maju, Bupati Idealisman mengatakan, karena keyakinan bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk melakukan terobosan-terobosan untuk kemajuan Sumatera Utara.

“Pertimbangan lainnya, untuk menunjukkan bahwa Pulau Nias juga punya sumber daya manusia yang mampu untuk bersaing dan berkapasitas memimpin Sumatera Utara,” tegas dia.

Ditanya mengenai partai pengusung yang akan menjadi kendarannya mencalonkan diri, dengan percaya diri mengatakan, hal itu bukan masalah utama. Setelah menyatakan kesiapan maju, kata dia, tinggal melakukan lobi-lobi ke partai-partai dan berbagai pihak terkait.

Bupati Idealisman sendiri belum setahun menjalani jabatannya sebagai Bupati Nisel bersama Wakilnya, Hukuasa Ndruru. Meski begitu, sejumlah terobosan besar dilakukan dalam beberapa bulan saja setelah memulai tugasnya.

Di antaranya, program pendidikan gratis mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi (PT). Saat ini, puluhan mahasiswa terbaik asal Nias Selatan juga disekolahkannya di berbagai universitas di Jawa dan di Sumatera Utara. Mereka belajar di berbagai jurusan berbeda, termasuk sekitar 20 mahasiswa khusus untuk kedokteran. Selain itu, juga menggratiskan biaya pelayanan kesehatan dasar untuk seluruh masyarakat.

Bupati Idealisman sendiri, bukanlah orang baru di dunia politik. Sebelum mencalonkan diri menjadi Bupati Nisel, dia adalah anggota DPR RI pada periode 2004-2009. Dia juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dan memiliki sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta dan di Pulau Nias.

Pernyataan kesiapan untuk mencalonkan diri ini memang mengejutkan. Sebab, sebelumnya, dari wawancara dengan beberapa warga Nias, tidak ada menyebut namanya sebagai kandidat yang layak mencalonkan diri mewakili masyarakat Nias. Pertimbangan jabatannya sebagai Bupati Nisel dan belum lama menjabat, dinilai tidak mungkin ditinggalkan begitu saja.

Beberapa nama yang disebut dan dinilai layak untuk itu mencalonkan diri adalah Direktur Eksekutif Bank Dunia Hekinus Manaö, anggota DPR RI Yasonna H. Laoly dan Mayor Jenderal Christian Zebua. (Etis Nehe)

Komentari

Kalender Berita

January 2012
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031