Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Digelar 7 Maret 2013

Wednesday, January 11, 2012
By susuwongi

Logo KPU/beritapapatar.com

JAKARTA, NIASONLINE – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sumatera Utara menetapkan pelaksanaan pemilihan gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) akan dilaksanakan pada 7 Maret 2013. Tahapan pelaksanaan pilgubsu tersebut akan dimulai pada Agustus 2012.

“Semalam dalam rapat diputuskan, pelaksanaan putaran pertama pilgubsu pada 7 Maret 2013. Bila ada putaran kedua, dijadwalkan pada 1 Mei 2013 dan pelantikan pada 16 Juni 2013,” ujar anggota KPUD Sumut Turunan Gulö kepada Nias Online melalui telpon seluler, Kamis (11/1/2012).

Turunan menjelaskan, pihaknya menetapkan jadwal pilgubsu tersebut dengan mengacu pada Undang-Undang yang masih berlaku. Selanjutnya, akan diikuti dengan pelaksanaan tahapan termasuk pembentukan lembaga-lembaga terkait pelaksanaan pilgubsu, PPK dan PPS.

Setengah Hati

Turunan juga menyayangkan sikap pemerintah provinsi dan DPRD Sumut yang terlihat setengah hati merespons dan mempersiapkan pelaksanaan pilgubsu mendatang tersebut. Menurut dia, pemerintah daerah dan DPRD ‘termakan’ dengan wacana dalam rancangan revisi undang-undang (RUU) yang saat ini digulirkan Kemendagri terkait rencana pemilihan kepala daerah oleh DPRD.

“Sedikit ada masalah yang perlu publik ketahui. Nampaknya ada sikap setengah hati dari pemerintah dan DPRD untuk menyukseskan pilgubsu ini. Tapi kami mau katakan bahwa RUU tidak bisa memberikan arah kepada siapapun untuk bertindak. Kita jangan mendahului UU,” jelas dia.

Akibatnya, kata dia, anggaran pelaksanaan pilgubsu tersebut tidak dianggarkan dalam APBD 2012.

Dia menegaskan, apakah pemilihan gubernur langsung atau tidak (melalui DPRD), KPUD Sumut siap saja. KPUD Sumut juga bukan cari-cari kerjaan, melainkan bekerja sesuai UU yang masih berlaku. Sebab, bilapun pilgubsu itu dilaksanakan secara tidak langsung, maka dana yang dianggarkan tetap akan dikembalikan. Sebaliknya, bila ternyata tetap pemilihan langsung, namun anggarannya tidak siap, hal itu akan sangat merepotkan sejak persiapan tahapan.

“Kami harus siapkan program, tahapan berikut anggaran. Kalau ini gagal karena tidak ditampung jangan nanti kami yang disalahkan. Sebab, akibat termakan wacana tersebut, anggaran pilgubsu tidak dianggarkan dalam APBD 2012. Melainkan, katanya, menggunakan dana cadangan,” papar dia.

Menurut dia, dengan menyediakan anggaran pilgubsu dengan dana cadangan, hal itu membingungkan. Sebab, bila dimasukkan dalam mata anggaran, maka akan jelas nomenklaturnya untuk pilgubsu.

Dia menyayangkan pemerintah daerah dan DPRD tidak belajar dari keputusan pemprov dan DPRD Jawa Barat yang menetapkan anggaran untuk pelaksanaan pilgub mereka yang jadwal hanya berselang satu bulan dari pilgubsu.

“Jadi, kami tidak ada urusan dengan itu. yang penting, kami siapkan jadwal dan tahapannya dan kami publikasikan. Kalau pemerintah daerah dan DPRD tidak responsif, itu urusan mereka,” tandas dia. (EN)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2012
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031