Provinsi Kepulauan Nias Diharapkan Terwujud 2014

Thursday, December 22, 2011
By susuwongi

Gunungsitoli, (Analisa) – Provinsi Kepulauan Nias diharapkan dapat terwujud pada tahun 2014 Mendatang. Tentunya dalam mewujudkan harapan itu, sangat diharapkan dukungan dari seluruh eleman masyarakat Nias baik yang berada di Pulau Nias maupun orang Nias yang ada di perantauan.

Hal itu diungkapkan Drs Firman Harefa, S.Pd. M.Si di halaman Pendopo Bupati Nias usai dikukuhkan sebagai Ketua Umum Badan Persiapan Pembentukan (BPP) Provinsi Kepulauan Nias yang merupakan hasil penyempunaan kepengurusan Rabu, (21/12/2011).

Firman Harefa mengatakan, untuk menindaklanjuti tanggungjawab berat itu, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan inventarisasi kegiatan, melakukan konsolidasi terhadap para pengurus serta akan segera membentuk perwakilan BPP Provinsi Kepulauan Nias, baik ditingkat Provinsi Sumatera Utara maupun Perwakilan di Jakarta sesuai dengan dengan arahan dan petunjuk para kepala daerah se Kepulauan Nias.

Sebelumnya dilokasi yang sama, Bupati Nias Drs Sokhiatuli Laoli, MM selaku Koodinator Forum Kepala Daerah se Kepulauan Nias telah melaksanakan pengukuhan para pengurus dari hasil penyempuaan itu.

Bupati Nias Drs Sokhiatuli Laoli, MM pada pidatonya mengharapkan kepada kepada para pengurus yang baru dikukuhkan untuk dapat bekerja dengan baik, membuat memprogram-program kerja serta mengatur strategi dalam mewujudkan Provinsi Kepulauan Nias.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang telah direvisi yang telah menunjukkan kerjanya yang baik sehingga rekomendasi dari DPRD Sumatera Utara telah keluar. Untuk itu pihaknya mengharapkan kepada para pengurus yang telah direvisi untuk dapat terus memberikan dukungan untuk tujuan bersama tersebut.

Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase, M.SP pada sambutanya mengatakan dari hasil pemekaran Kabupaten/ Kota di Pulau Nias diakui adanya perubahan yang dapat dirasakan ditengah-tengah masyarakat meskipun masih banyak kendala dan kelemahan yang ditemukan. Untuk terus mewujudkan kesejahteraan masyarakat itu pihaknya sangat mendukung segera terbentuknya Provinsi Kepulauan Nias.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga mengajak seluruh kepala daerah dan DPRD se Kepuluan Nias serta masyarakat Nias untuk dapat bersama-sama mendukung dan mendorong segera terbentuknya Provinsi Kepulauan Nias.

Selain itu, Walikota Gunungsitoli mengharapkan kepada pengurus BPP Provinsi Kepulauan Nias untuk segera melakukan pembenahan administrasi pembentukan perwakilan BPP disetiap tingkatan, sosialisasi ditengah masyarakat serta hal lain untuk persiapan mewujudkan Provinsi Kepulaun Nias tersebut.

Sedangkan Ketua DPRD Se Kepulaun Nias, Rasali Zalukhu S.Ag dalam sambutanya mengatakan, pihakya sebagai perwakilan rakyat Nias yang kurang lebih 800 ribu jiwa sangat apresiasi pada penyempunaan pengurus BPP provinsi Kepulaun Nias tersebut, Ia juga sebagai Ketua Umum BPP Provinsi sebelumnya sangat mendukung dan akan terus bersama-sama dengan pengurus BPP Provisni Nias mewujudkan Provinsi Kepulaun Nias.

Pdt Beny Gulo mewakili deklator pada kesempatan mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan pembentukan Forum Kepala Daerah Se Kepulauan Nias, selanjutnya visi Pembentukan Provinsi Kepulaun Nias merupakan visi yang sangat tajam dari masyarakat Nias serta pihaknya akan terus mendorong terwujudkanya provinsi Kepulaun Nias.

Turut Hadir Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Nias Selatan, Hukuasa Nduru, Ketua DPRD Nias Selatan, Efendi, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, Kajari Gunungsitoli, Edi Sumarno SH, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Edison SH. MH, Dandim 0213 Nias, Letkol Ryan Obersyl, Sekda Nias Utara, Mewakili Bupati Nias Barat dan sejumlah tokoh masyarakat dan agama se kepulauan Nias. (kap)

Sumber: Analisa Daily

Komentari

Kalender Berita

December 2011
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031