Kabar Dukacita

Friday, December 9, 2011
By susuwongi

Alm. Victor Zebua (Foto: Repro dari buku Jejak Cerita Rakyat Nias)

Pagi ini, kami mendapat kabar mengejutkan dan mendukakan. Rekan terkasih kami di jajaran redaksi Nias Online, dr. Victor Zebua telah dipanggil Tuhan di Yogyakarta pada Kamis, 08 Desember 2011 sekitar pukul 23.00 Wib.

Informasi ini diperoleh dari teman dekat almarhum, Bendris Tazuno, yang mendapatkan informasi dari keluarga dan meneruskannya kepada redaksi www.niasonline.net.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Maria Regina Kuntami Titi Lestari dan seorang putri tunggal bernama dr. Angelin Utami Cahyani Zebua yang saat ini bertugas di RS Sutomo, Surabaya.

Almarhum disemayamkan di kediaman keluarga di Jl. Timuran MG 3 No. 87, Pojok Benteng, arah Parangtritis, Yogyakarta. Almarhum akan dimakamkan pada Sabtu, 10 Desember 2011 pukul 10.00 Wib.

Redaksi Nias Online mengucapkan turut berdukacita yang sangat mendalam. Kami sangat kehilangan rekan kerja yang sangat baik dan berkualitas dan penuh pengabdian. Masyarakat Nias juga sangat kehilangan salah satu pengingat dan penulis sejarahnya yang terbaik.

Doa kami, kiranya Tuhan yang kepada-Nya almarhum menghadap, memberi kekuatan dan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan melewati masa kedukaan ini.

Informasi Sekilas

Meski berprofesi sebagai dokter dan bermukim di Yogyakarta, almarhum adalah juga penulis handal, kritis dan berkualitas mengenai sejarah dan hal-hal terkait Pulau Nias. Tulisannya dalam bentuk artikel telah banyak ditayangkan di situs ini dan di situs terkait Nias lainnya. Juga telah menghasilkan dua buku, yakni Ho Jendela Nias Kuno dan Jejak Cerita Rakyat Nias.

Berdasarkan data yang kami kutip dari bukunya berjudul Jejak Cerita Rakyat Nias yang diterbitkan pada 2010, almarhum tercatat lahir di Yogyakarta pada 1961. Merupakan generasi ke-38 dari Silögu melalui mado Zebua keturunan Lanö.

Almarhum menamatkan pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada pada 1987 dan Magister Kesehatan di universitas yang sama pada 1998. Menjalani profesi dokter di Purworejo dan Yogyakarta.

Almarhum juga adalah mantan Pemimpin Redaksi Ngenu-Ngenu Dödö dan Jikan (Jaringan Informasi Kaji Nias) dan anggota redaksi www.niasonline.net. (Redaksi)

11 Responses to “Kabar Dukacita”

Pages: [1] 2 » Show All

  1. 1
    Bendris Tazuno Says:

    Selamat jalan Talifusogu, saya merasa kehilangan atas kepergian anda,
    satu lagi rencana kita yang belum terlaksana, untuk mensurvey jejak-jejak masyarakat Nias yang ada di George Town (P.Pinang) Malaysia.
    dalam keadaan kesehatan yang kurang baikpun, anda bersemangat untuk melakukan niat tersebut…….. kita merencanakan akan ke sana pada januari ini,,,,, tetapi Tuhan Menghendaki lain…….selamat beristirahat talifusogu………
    Ama Tanida

  2. 2
    fajaria Says:

    turut berduka cita atas beliau…. saya sgt merasa kehilangan sekali mengingat beliau adalah kepala puskesmas yg dulu sy pernah bekerja disana. semoga beliau di terima di sisiNya…. amin…..

  3. 3
    dedi elfian Says:

    selamat jalan sahabat…
    selamat jalan bapak…
    selama ini bapak telah menjadi sahabat sekaligus orang tua bagi saya…
    semoga arwah pak dokter diterima di sisi-Nya… dan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menerima cobaan ini…
    karena semua ciptaan-Nya pasti akan kembali kepada-Nya…

  4. 4
    fardin laia Says:

    kami segenap Mahasiswa Stpmd’APMD’ Yogyakarta, dari pulau nias,
    ‘turut berduka cita atas berpulangnya beliau di hadapan sang pencipta, semoga dapat di terima di sisinya’dan semoga keluarga yang di tinggal di beri ketabahan dan kesabaran, sebab bagaimana pun juga setiap ciptaanya akan melewati yang namanya pintu kematian, maka untuk marilah kita mengambil hikmat dari cobaan ini, semoga semua rencana tuhan ini indah pada waktunya.Amin

    Selamat Jalan Bapak…………
    Jasa mu akan selalu di kenang oleh seluruh masyarakat nias…Ya’ahowu fefu…!!!

  5. 5
    waspada wau Says:

    saya pernah mencoba menghubungi beliau sekitar 2 bulan lalu tapi tidak direspon, tujuan sharing penggalan cerita lisan terkait kepahlawanan Alm. Saonigeho Fau dari Bawomataluo yang menyerang Belanda di Desa Hiligeho yang sedang melakukan pendataan (sensus)awal abad 20 (sekitar tahun 1916). dari sekian kenangan tentang kepedulian (antusias) beliau telah wariskan kepada masyarakat Nias termasuk mungkin yang belum sempat dipublikasikan. Engkau telah mencatat sejarah yang akan berguna bagi generasi tidak terbatas masyarakat Nias. Engkau pulang memenuhi panggilan Tuhan Yesus yang berjanji menyediakan tempat kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya dan yang memberi penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkannya. Amin

  6. 6
    Veryaman Hia Says:

    Kami sekeluarga turut mengucapkan Duka Cita yang mendalam atas kembalinya abang dr. Victor Zebua ke Rumah Bapa di Sorga.

    Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan penghiburan oleh Tuhan Yesus.

    Ya’ahowu!
    Kel. Veryaman Hia ~ A/I. Noel Hia, Samarinda KalTim

  7. 7
    Ama Niso Gulӧ Says:

    Pada kesempatan ini kami menyampaikan Turut Berdukacita dan Belasungkawa atas berpulangnya salah seorang senior kami di Yogyakarta tahun 80-an: Abang terkasih dr. Victor Zebua M.Kes ke Pangkuan Bapa di Sorga.

    Selamat jalan bang Victor. Amal, budi baik, jasa, dan karya abang akan selalu dikenang dan dilanjutkan oleh generasi muda lainnya.

    Kiranya keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran, kekuatan serta penghiburan oleh Tuhan kita Yesus Kristus.

    Shallom,
    Arifman Gulӧ & Kel.
    Jakarta

    Note:
    Saohagӧlӧ info Berita Duka ini dari bang Bendris Tazuno, Gbu.

  8. 8
    Berkat Jaya Lase Says:

    Kami sekeluarga turut berduka cita. semoga Jasanya di kenang sepanjang masa.

  9. 9
    Drs W Nazara MHum Says:

    Kami menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Dokter Victor Zebua MKes. Semoga Beliau beristirahat dalam damai dan kasih Tuhan. Semoga keluarga yang Beliau tinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

    Drs. W Nazara M.Hum
    Ketua STBA Prayoga Padang

  10. 10
    Bless Soh Ndraha Says:

    selamat jalan Pak…. bagi kami anak2 Nias d Yogyakarta Bapak adalah orang Tua kami. terimakasih atas dukungan dan pendampingan Bapak selama ini khususnya bagi kami anak2 nias dalam Persekutuan Salib Kasih Anak Nias Yogyakarta. amal ibdah bapak diterima di sisi Tuhan.

Pages: [1] 2 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2011
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031