Alm. Victor Zebua (Foto: Repro dari buku Jejak Cerita Rakyat Nias)

Pagi ini, kami mendapat kabar mengejutkan dan mendukakan. Rekan terkasih kami di jajaran redaksi Nias Online, dr. Victor Zebua telah dipanggil Tuhan di Yogyakarta pada Kamis, 08 Desember 2011 sekitar pukul 23.00 Wib.

Informasi ini diperoleh dari teman dekat almarhum, Bendris Tazuno, yang mendapatkan informasi dari keluarga dan meneruskannya kepada redaksi www.niasonline.net.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Maria Regina Kuntami Titi Lestari dan seorang putri tunggal bernama dr. Angelin Utami Cahyani Zebua yang saat ini bertugas di RS Sutomo, Surabaya.

Almarhum disemayamkan di kediaman keluarga di Jl. Timuran MG 3 No. 87, Pojok Benteng, arah Parangtritis, Yogyakarta. Almarhum akan dimakamkan pada Sabtu, 10 Desember 2011 pukul 10.00 Wib.

Redaksi Nias Online mengucapkan turut berdukacita yang sangat mendalam. Kami sangat kehilangan rekan kerja yang sangat baik dan berkualitas dan penuh pengabdian. Masyarakat Nias juga sangat kehilangan salah satu pengingat dan penulis sejarahnya yang terbaik.

Doa kami, kiranya Tuhan yang kepada-Nya almarhum menghadap, memberi kekuatan dan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan melewati masa kedukaan ini.

Informasi Sekilas

Meski berprofesi sebagai dokter dan bermukim di Yogyakarta, almarhum adalah juga penulis handal, kritis dan berkualitas mengenai sejarah dan hal-hal terkait Pulau Nias. Tulisannya dalam bentuk artikel telah banyak ditayangkan di situs ini dan di situs terkait Nias lainnya. Juga telah menghasilkan dua buku, yakni Ho Jendela Nias Kuno dan Jejak Cerita Rakyat Nias.

Berdasarkan data yang kami kutip dari bukunya berjudul Jejak Cerita Rakyat Nias yang diterbitkan pada 2010, almarhum tercatat lahir di Yogyakarta pada 1961. Merupakan generasi ke-38 dari Silögu melalui mado Zebua keturunan Lanö.

Almarhum menamatkan pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada pada 1987 dan Magister Kesehatan di universitas yang sama pada 1998. Menjalani profesi dokter di Purworejo dan Yogyakarta.

Almarhum juga adalah mantan Pemimpin Redaksi Ngenu-Ngenu Dödö dan Jikan (Jaringan Informasi Kaji Nias) dan anggota redaksi www.niasonline.net. (Redaksi)

Facebook Comments