Medan, 16/11 (ANTARA) – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan, seluruh desa di provinsi itu akan diberikan bantuan sebesar Rp 50 juta pada tahun 2012.

Hal tersebut disampaikannya ketika membuka Jambore Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan dan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat di Komplek Tapian Daya Medan, Rabu.

Gatot mengatakan, dana tersebut diberikan untuk memberdayakan masyarakat yang ada di pedesaan, apalagi jika dikaitkan dengan keberadaan RUU Otonomi Desa yang telah memasuki tahap finalisasi.

Melalui keberadaan RUU yang akan diselesaikan tersebut, pemberdayaan masyarakat pedesaan sangat diperlukan karena merupakan garda terdepan dalam proses pembangunan.

“Bantuan yang akan diberikan itu merupakan upaya untuk memperkuat keberadaan kelembagaan desa,” katanya.

Selain pemberian bantuan, Pemprov Sumut juga mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan program PNPM Mandiri Pedesaan yang dimaksudkan untuk menciptakan pembangunan yang lebih berkeadilan melalui program-program yang prorakyat.

Keberadaan PNPM Mandiri Pedesaan juga merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, katanya.

Pemprov Sumut sangat mengharapkan bupati dan wali kota di provinsi itu untuk mendukung pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan, baik dari sisi kebijakan maupun anggaran karena manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

Sebagai bagian amanat Perpres 15 tahun 2010, pihaknya juga mengharapkan semua kabupaten dan kota di Sumut yang menjadi lokasi program PNPM Mandiri Pedesaan guna dapat mengalokasikan anggaran untuk operasional Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).

“Setelah berfungsinya TKPKD, saya tidak ingin mendengar lagi ucapan bahwa kita kurang koordinasi sehingga program-program saling beradu satu sama lain,” katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sumut Rusli Abdullah mengatakan, pelaksanan jambore dan gelar karya itu dimaksudkan untuk menyosialisasikan keberadaan PNPM Mandiri Pedesaan beserta karya dan produk yang dihasilkan ke tengah masyarakat.

Dalam data BPMPD, terdapat 26 kabupaten dan satu kota yang menjadi lokasi program PNPM Mandiri Pedesaan atau di 4.390 desa di 297 kecamatan di provinsi tersebut. ***4***

(T.I023/B/M034/M034)

Sumber: Antara Sumut

Facebook Comments