2012, Pemkab Nias Selatan Kuliahkan 150 Mahasiswa di Berbagai Universitas

Thursday, November 17, 2011
By susuwongi

Wakil Bupati Nias Selatan Hukuasa Ndruru (foto: Etis Nehe)

JAKARTA, NIASONLINE – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) kembali akan mengirimkan 150 putra-putri terbaik daerah itu untuk kuliah di berbagai jurusan di sejumlah universitas di tanah air. Program itu merupakan kelanjutan program yang sudah berjalan tahun ini berupa penguliahan 20 calon dokter di Universitas Methodist, Medan dan 37 lainnya di berbagai jurusan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

“Tahun depan, 150 orang lagi kami utus untuk kuliah. Itu total dari berbagai jurusan. Termasuk calon dokter sehingga menambah jumlah yang tahun ini baru saja memulai perkuliahan mereka,” ujar Wakil Bupati Nisel Hukuasa Ndruru di sela Pertemuan Pusat dan Daerah Penguatan Kelembagaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (15/11/2011).

Dia menjelaskan, untuk program itu, tahun depan Pemkab Nisel mengalokasikan anggaran sebesar Rp 120 miliar. Dia menjelaskan, selain menggandeng universitas yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Nisel, pihaknya juga sedang menjajaki peluang ke universitas lainnya. Di antaranya, Universitas Indonesia (UI).

Sebelumnya, ketika bertemu dengan Tim Dokumentasi dan Advokasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada 30 Oktober 2011 lalu di ruang kerjanya, Hukuasa mengatakan, pihaknya juga memrogramkan penyekolahan para dokter dan tenaga medis lainnya ke tingkat paska sarjana dan bahkan doktoral.

Semua mahasiswa yang dibiayai tersebut, kata dia, bila sudah selesai, akan kembali mengabdi di Nisel. Mereka juga dijanjikan akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Dengan demikian, ke depan, Nisel akan memiliki cukup sumber daya manusia, dengan berbagai keahlian.

Bahkan, beberapa waktu lalu, Bupati Nisel Idealisman Dachi, kepada Nias Online mengatakan, khusus tenaga dokter, setelah lima tahun mendatang, setiap kecamatan akan memiliki 4-5 tenaga dokter tetap. Tidak lagi tergantung pada pengiriman tenaga dokter PTT yang sifatnya tidak permanen dan paling lama berada di sana sekitar 6 bulan saja. (EN)

10 Responses to “2012, Pemkab Nias Selatan Kuliahkan 150 Mahasiswa di Berbagai Universitas”

  1. 1
    Aliozisokhi Fau Says:

    Kita dukung terus program pemerintah nisel dalam meningkatkan SDM di Nias Selatan, tapi jangan lupa agar pengangkatan pejabat struktural sesuai dengan disiplin ilmunya.

  2. 2
    Aliozisokhi Fau Says:

    Kita dukung terus program pemerintah nisel dalam meningkatkan SDM di Nias Selatan, tapi jangan lupa agar pengangkatan pejabat struktural sesuai dengan disiplin ilmunya. Hindari pengangkatan camat dari guru SD

  3. 3
    Fasaaro hulu Says:

    Saya bertrimakasih atas Program Pemerintah Kab. Nisel yang mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan membantu mahasiswa utk melanjutkan studinya sampai tingkat Master dan Doktor ke berbagai Universitas. tapi sayang hanya di bidang ke dokteran. Sebaiknya, bukan hanya itu tetapi mendukung juga mahasiswa lulusan D3/S1 yang lain untuk dikuliahkan demi meningkatkan SDM nias. Saya khususnya, lulusan S1 Sastra Inggris dan sedang mengajar di sebuah Universitas di indonesia tapi tidak bisa melanjutkan studi ke tingkat Master/doktoral karena tidak ada biaya. mohon programnya untuk kami? kalau bisa ke luar negri. saya anak Nias selatan terus mendukung. kami menunggu informasinya hingga thn 2012. Terima kasih, yaahowu!

  4. 4
    Apeni Giawa Says:

    Yaahowu,,!

    Semoga pemerintah Nisel terus maju utk meningkatkan SDM Nisel dengan mengkuliahkan Putra dan Putri Nisel yang rencana biayanya 150 Milyar. saya lulusan S1 Bahasa Inggris juga dan sedang mengajar di Sebuah sekolah SMK di Nisel serta ingin sekali melanjutkan studi ke S2 tetapi tidak ada biaya. Benar, apa yang di sampaikan oleh bpk Fasaaro hulu bahwa jg hanya SDM kedokteran saja tetapi pemerintah juga membantu peningkatan SDM pendidikan yang lain. Pemerintah Nisel, Mohon bantuanya. saya siap mendukung Nisel. Saohagolo!

  5. 5
    Rorogo Says:

    Pak alio fau, anda sdh tau bhw Nisel kekurangan SDM, shg Bupati Nisel menyekolahkan Rakyatnya, kl dilihat Adik mu jd Plt. Kadis Pariwisata juga Dari Guru, Gimana kl Kira usulkan Kota copot juga, apakah Bapak setuju, Jawab ya…..ditunggu

  6. 6
    Teorida Says:

    jempol buat pak bupati NISEL atas program pembiayaan kuliah putra-putri daerah Nias khususnya NISEL.
    Kita hanya bisa berharap semoga putra-putri yang terpilih bisa memberi yg terbaik nantinya setelah menyelesaikan kuliahnya. Dan mereka bisa mengharumkan nama pulau NIAS dengan prestasi-prestasi yang membanggakan yang mereka dapatkan dari Universitas dimana mereka kuliah…

    “do t’best to NISEL”
    🙂
    GBUs

  7. 7
    Jurnalisman Harefa Says:

    Tindakan itu memang luar biasa bagusnya namun Pemerintah Nisel jangan hanya terpaku kepada mereka- mereka itu semua, tolonglah di lirik Mahasiswa Anak Nisel yang berprestasi di Universitas di Luar Daerah (biaya sendiri) mereka jugakan membutuhkan bantuan dari pemerintah..
    nanti apa guna mereka berprestasi kalo gak ada bantuan dari pemerintah..
    SKALI LAGI SAYA SANGAT MEMINTA PERHATIAN PEMERINTAH NISEL AGAR MELIRIK JUGA MAHASISWA/I PUTRA NISEL YANG BERPRESTASI DI UNIVERSITAS LAINNYA…
    #Trimakasih…

  8. 8
    Sarumaha Says:

    @Jurnalisman Harefa: Buktikan dulu kalau anda memang berprestasi. Buktikan bahwa kamu bisa membanggakan Nias Selatan. Tunjukkan apa yang telah kamu berikan untuk Nias Selatan. percayalah, Pemerintah pasti melirikmu 🙂

    saya harapkan nantinya pemerintah benar-benar menyeleksi dengan adil dan profesional putra-putri daerah yang akan di kuliahkan di Universitas terkemuka seperti di UI.

  9. 9
    Darmawan Harefa Says:

    Kami Anak-anak Mahasiswa Nias dan Terkhusus Nias selatan sangat setuju dengan program Pemerintah Nias Selatan utk Memajukan SDM didalam dunia pendidikan.

    Maju terus Untuk Program Pemerintah NISEL Mencerdaskan Anak-anak Muda Nisel.

    Kepada teman-teman Yang Mendapat Kesempatan Untuk dibiayai Oleh pemerintah daerah NISEL “Mari Kita dalamin Lagi Pelajaran BUDI PEKERTI SERTA PENDALAMAN KARAKTER” Karena semuanya lebih penting dari pada ‘KECAKAPAN AKADEMIS’

    Terimah Kasih, untuk sumbangan suaranya.
    Maju terus

  10. 10
    Joe Harefa Says:

    sarumaha : hahaha, tindakan penyerangan 1 : 0..
    tunggu 4 tahun lagi…
    lu akan tahu apa tindakan saya terhadap nisel, and sebagai bocoran ilmu tata ruang yang sedang saya asah saat ini nantinya akan saya implementasi pada perencananaan dan penataan kawasan pariwisata dan perkotaan di nisel..
    melalui penyusunan RDTR…(RDTR tau gak???)
    so, sebelum lu bertanya seperti, bertanya dulu pada dirimu sendiri…apa yang akan lu berikan kepada nisel nantinya….???
    wkwkwkwk
    di sini tidak dibutuhkan omongan yang isi kosong namun kejelesan akan tindakan yang jelas untuk membangun nisel..!!

    Hidup Mahasiswa!!!

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930