Pembangunan Bandara Nias Selatan Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Monday, November 14, 2011
By susuwongi

Lokasi Bandara Silambo, Nias Selatan dilihat dari Desa Bawomataluo (Foto: Etis Nehe)

TELUK DALAM, NIASONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan (Nisel) gencar membuka berbagai akses transportasi ke wilayah itu. Pemkab Nisel menargetkan menyelesaikan pembangunan Bandara Bandara Silambo di Desa Botohilitanö, Kecamatan Fanayama pada tahun depan.

“Penyelesaian pembangunan bandara itu akan dipercepat. Bila sebelumnya kami menargetkan pada 2013, kami percepat targetnya menjadi pada 2012,” ungkap Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi saat bertemu dengan Tim Dokumentasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Teluk Dalam, Selasa (1/11/2011).

Bupati Idealisman menjelaskan, untuk tujuan itu, tahun depan Pemkab Nisel akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 30 miliar. Dana itu merupakan kombinasi antara dana dari pemerintah pusat dan dari APBD Nisel.

Dengan selesainya pembangunan bandara itu dan dioperasikan, diharapkan akan menggerakkan perekonomian daerah itu. Dengan demikian, wilayah itu akan bisa diakses langsung tanpa harus melalui Kota Gunungsitoli seperti selama ini terjadi. Sebelumnya, bulan lalu, Pemkab Nisel juga berhasil mengaktifkan kembali rute pelayaran kapal ferry dengan rute Sibolga-Teluk Dalam, Nisel.

Selama ini, warga Nias Selatan yang hendak ke Sibolga, Medan atau kota lainnya di Indonesia, harus melalui pelabuhan Gunungsitoli bila menggunakan kapal laut. Dan bila menggunakan pesawa terbang, maka harus melalui Bandara Binaka, Kota Gunungsitoli yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Nisel. Demikian sebaliknya bagi warga atau pengunjung yang hendak ke Nias Selatan. (EN)

5 Responses to “Pembangunan Bandara Nias Selatan Ditargetkan Selesai Tahun Depan”

  1. 1
    Yshat Laia Says:

    sangat luar biasa Bapak Bupati nech
    apa kata orang-orang mengenai bapak sangat terbalik lanjut pak terus bangun nisel kita yang tercinta

  2. 2
    Chris Dc Says:

    Maju terus Niaselatan….

  3. 3
    dachi Says:

    mundur aja lh nisel,lama kali pembaharuanya,gk ada bukti gak jelas arti…skrg pembuktian yg membenarka,..

  4. 4
    amonius dachi Says:

    buktikan MerahMu Nisel

  5. 5
    Efendi Ziraluo Says:

    Majukan Nias selatan,….
    Ratakan perekonomian daerah dengan daerah2 tetangga…

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930