Kabar Gembira, Ke Nias Selatan Kini Bisa Dengan Kapal Ferry

Friday, October 28, 2011
By susuwongi

KMP Raja Enggano Sedang Sandar di Pelabuhan Teluk Dalam (foto: Herman Waruwu)

JAKARTA, NIASONLINE – Perjuangan pemerintah daerah (Pemda) Nias Selatan (Nisel) untuk mendapatkan ‘hak’nya agar wilayahnya kembali dilayari oleh kapal penyeberangan (ferry) akhirnya tercapai.

Mulai Selasa (25/10/2011) KMP Raja Enggano melakukan pelayaran perdana dari Sibolga dan tiba di pelabuhan Teluk Dalam pada Rabu (26/20/2011) sekitar pukul 09.00 Wib. Bupati Nisel, Kapolres dan Ketua DPRD Nisel tampak menyambut kedatangan kapal tersebut. Kapal ferry tersebut, menggantikan KMP Pulau Tello yang sudah ditarik dari rute tersebut, sekitar setahun yang lalu.

“Puji Tuhan, Kementerian Perhubungan (Kemhub) merealisasikan pelayaran ferry ke Teluk Dalam. Sebelumnya, kita berjuang terus ke sana untuk mengembalikan hak-hak kita setelah penarikan KMP Pulau Tello,” ujar Bupati Nisel Idealisman Dachi kepada Nias Online yang dihubungi melalui telpon selulernya dari Jakarta, Jum’at (28/10/2011).

KMP Pulo Tello sendiri sebenarnya awalnya merupakan bantuan Menteri Perhubungan RI kepada pemerintah dan masyarakat Nias Selatan (Nisel) untuk rute pelayaran Pelabuhan Teluk Dalam ke Pulau Tello. KMP Pulau Tello berlayar perdana pada Kamis (2/7/2009). Namun, kemudian kapal itu ditarik dan dialihkan ke rute lain dan menyebabkan terhentinya pelayaran ke Nisel.

Selanjutnya, mulai minggu depan, kata Bupati Idealisman, KM Raja Enggano melayari rute Teluk Dalam-Sibolga PP sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Dia menjelaskan, kebutuhan kapal ferry ke Nisel sangat mendasar. Sebab, tanpa adanya kapal itu, arus barang dari Sibolga ke Nisel melalui Teluk Dalam menjadi terganggu. Akibatnya pada harga barang yang akhirnya membebani masyarakat.

“Kehadiran kapal ini akan sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat Nisel. Arus barang keluar masuk akan lancar,” jelas dia.

Tidak hanya satu kapal itu, kata dia, pemda Nisel juga sedang mengusahakan penambahan satu unit kapal ferry lagi. Dia memerkirakan, sekitar akhir tahun ini, kapal kedua sudah masuk ke rute yang sama. Dengan kedatangan kapal yang kedua, kata dia, maka frekuensi pelayaran dari Teluk Dalam-Sibolga akan berlangsung setiap hari. (EN)

5 Responses to “Kabar Gembira, Ke Nias Selatan Kini Bisa Dengan Kapal Ferry”

  1. 1
    Chris Ilawa Jaefa Says:

    Maju teru Nisel… Doa Akan terus menyertai kalian semua.

  2. 2
    Hulobatu Says:

    Hampir semua kita menunggu kehadiran pelayaran Sibolga Telukdalam, telukdalam Tello dan sebaliknya yang selama ini rute ini dilayani oleh KMP Tello. Berita masuknya KMP Tello sudah mulai bergulir Juni yang lalu dengan direhabnya dermaga telukdalam. kamipun masyarakat tello sudah menyambut dengan antusias luar biasa karena dengan berjalannya kembali kapal KMP Tello maka kami sangat1000x… terbantu baik dari segi ekonomi (harga barang jadi murah, tiket murah, barang dari sibolga lancar) maupun keselamatan pelayaran telukdalam tello dan begitu sebaliknya. dua minggu sebelum KM Raja Enggano yg sebelumnya disebut2 adalah KMP Tello akan masuk pada tg 25 Okt 2011 kembali masyarakat tello bersemangat kembali paling tidak bisa tersenyum ada kenyamanan pelayaran, ada asuransi jika terjadi kecelakaan. setelah kapal ferry tersebut masuk dan kita mendengar berita bahwa jalurnya hanya sibolga telukdalam maka kekecewaanpun muncul dari raut wajah masyarakat tello. ada beberapa calon penumpang rela2nya bertahan dipenginapan telukdalam hanya untuk menunggu kapal ferry tersebut. apa mau dikata kami harus menelan pil pahit lagi. daerah yang paling kaya se nias selatan ini (memiliki 2 perusahaan besar PT.Teluk Nauli dan PT. Gruti)harus kembali naik kapal entino(kapal barang) dimana penumpang itu harus tidur bersama anjing, babi, kadal,(boroe)ikan asin, dan ikan basah yang diangkut dari tello menuju telukdalam. kami dituntut harus bersabar dan mengelus dada berharap pada Tuhan untuk mengulurkan TanganNya.kami tidak marah hanya kekecewaan kami 1000x lebih pahit dibanding sebelum masuk KM Enggano tersebut karena harapan kami semua pupus. Kalo pemerintah daerah belum berhasil membuka rute telukdalam tello apalgi pemerintah pusat yang jauh disono tidak akan melihat penderitaan ini. semua kita orang kepulauan batu (Kec. P.P.Batu, Hibala, P.P.Batu Timur) harus sabar ya kalo kamu harus menangis, menangislah kita tidak berhak marah apalagi anarkis.
    Terima kasih
    Yaahowu.

  3. 3
    F.GOHAE Says:

    kami bangga dan salut kepada bapak bupati nisel atas janjinya pada saat kampanye telah di tepatinya dan kami mendukung supaya bapak bupati nisel memperjuangkan bandara dinias selatan doa kami bapak pasti bisa trims yaahowu!

  4. 4
    rubent halawa Says:

    majulah nias islandku bangkitlah dr ketertinggalan,i love u tanoniha. bagaimana dg pesepakbolaan nias adakah yg peduli dg skil yg dimiliki anak2 nias pecinta sepakbola? YA’AHOWU…!

  5. 5
    Hadarman Telaumbanua Says:

    Syalom……Nias selatan truzzz maju…………….Ya’ahowu Fefu Banuada………

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2011
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31