Ferdy, Pelari Bangka Belitung Menangi Lomba “Nias Island 10 K” di Nias Selatan

Para Peserta Lomba Sedang Bersiap (Foto: Herman Waruwu)

JAKARTA, NIASONLINE – Ferdy, pelari asal Provinsi Bangka Belitung memenangi lomba lari “Nias Island 10 K” di Kabupaten Nias selatan (Nisel). Ferdy mencapai garis finish dengan catatan waktu 32:19,31.

Di urutan kedua, ditempati oleh pelari asal Jawa Barat I Gede Karangasem dengan catatan waktu 32:22,19. Dan di urutan ketiga, ditempati oleh pelari asal Nias, Mari Yusuf Gulö dengan catatan waktu 32:43,64. Tiga terbaik tersebut semuanya dari kelompok putra.

Wakil Ketua Panitia “Nias Island 10 K” Herman Waruwu, kepada Nias Online menjelaskan, meski tiga nama tersebut, merupakan peraih urutan teratas, namun panitia membagi semua pemenang dalam dua kelompok, yakni putra dan putri, dengan masing-masing peringkat 1-10. Semua yang masuk dalam kelompok 10 besar tersebut mendapatkan hadiah yang telah disediakan panitia.

Tiga Pelari Tercepat: Mari Yusuf Gulö (nomor dada 01, kiri)), I Gede Karangasem (nomor dada 597, tengah, berbaju hijau) dan Ferdy (nomor dada 7077, sebelah kanan) (Foto: Herman Waruwu)

Lomba tersebut diikuti oleh peserta, tidak hanya dari Pulau Nias, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Dari luar Pulau Nias, peserta datang dari Sibolga, Jambi, Bangka Belitung, Riau, Padang, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Aceh dan Maluku. Peserta dari luar negeri seperti Australia dan Swiss, walau sangat sedikit, tapi terlihat di antara para peserta lomba dan berhasil mencapai garis finish.

Pembukaan lomba tersebut diawali dengan tembakan start oleh Bupati Nisel Idealisman Dachi dan disemarakkan oleh atraksi drum band dari Yayasan Sekolah Katolik, Bintang Laut. Penjurian dipimpin oleh wasit nasional Suharjo, Sutarman dan mantan pelari nasional asal Sumatera Utara, Mardi Lestari. Dua lainnya berasal dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang juga dibantu oleh 80 orang guru olahraga se-kabupaten Nisel.

“90% peserta berhasil sampai garis finish,” jelas Herman.

Adapun rute perlombaan itu, yakni dari Simpang Lima, pusat kota Teluk Dalam yang juga sebagai ibukota Kabupaten Nisel. Selanjutnya menuju ke arah dan berhenti di Desa Hiliamaeta Niha, tidak jauh dari pantai tempat surfing, Pantai Lagundri/Sorake.

Untuk pemenang lomba lari tersebut, Pemerintah Kabupaten Nisel menyediakan hadiah dengan nilai total Rp 150 juta atau US$ 17.500 dan trofi dari Bupati Nisel.

Juara I Kelompok Putra Ferdy (Bangka Belitung) dan Juara I Kelompok Putri Supriati Sutono (Jawa Barat) (Foto: Herman Waruwu)

Sebelum penyerahan hadiah, peserta lomba disuguhi atraksi lompat batu. Sebuah atraksi unik dan khas dari Kabupaten Nisel.

Daftar pemenang lomba lari “Nias Island 10 K”

Kelompok Putra:
1. Ferdy (Bangka Belitung)
2. I Gede Karangasem (Jawa Barat)
3. Mari Yusuf Gulö (Nias)
4. Ari Swandana (Jawa Tengah)
5. Fery Junaidi (Maluku)
6. Sutrisno (Sumatera Barat)
7. Welman Pasaribu (Tapanuli Utara)
8. I Nyoman Sudana (PAAD Kodam I/BB)
9. Agus Andiro (Sumatera Barat)
10. Hamdani (Sumatera Barat)

Kelompok Putri:
1. Supriati Sutono (Jawa Barat)
2. Nyai Prima Agita (Medan)
3. Unik Sekyorini (Jawa Tengah)
4. Novita Andriani (Jawa Tengah)
5. Erni Uiat Ningsih (Jawa Tengah)
6. Yuliati Utari (Sumatera Barat)
7. Siti Muawanah (Jawa Tengah)
8. Yanita Sari (Riau)
9. Bayu Trianatasari (Sumatera Barat)
10. Aprilia Kartina (Sumatera Barat) (EN)

Komentari