Ilustrasi Populasi Dunia/agni2x.blogspot.com

JAKARTA, NIASONLINE – Dalam beberapa hari ke depan, penduduk dunia akan melampaui angka 7 miliar. Bayi ke-7 miliar, diperkirakan akan lahir di wilayah Asia Pasifik yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk paling tinggi di dunia.

Menurut data PBB, seperti dikutip dari Daily Mail, peningkatan angka populasi dunia menjadi 7 miliar tersebut hanya berselang 12 tahun dibanding ketika angka populasi mencapai 6 miliar. Dan, pada 2025, populasi dunia diperkirakan mencapai 8 miliar dan 10 miliar sebelum akhir abad ini.

Pertumbuhan penduduk dalam waktu dekat, diperkirakan banyak terjadi di negara-negara berkembang. Sementara di negara-negara maju, pertumbuhan penduduk relatif stabil.

Dari perkiraan sekitar 2,3 miliar pertambahan populasi hingga 2050, lebih dari 1 miliar akan hidup di sub-Sahara Afrika. Wilayah anak Benua India akan menambahkan 630 juta orang.

Para ahli menilai, laju pertumbuhan penduduk dunia saat ini berada pada tingkat berbahaya. Peningkatan jumlah populasi saat terjadi berlipat tiga sejak 1940.

Dengan jumlah yang meningkat drastis tersebut, kini sumber daya dunia berada dalam tekanan yang lebih besar dibanding sebelumnya karena semakin banyak orang yang harus diberi makan, rumah dan perlu mendapat perawatan medis. Itu juga berarti, akan semakin sedikit lahan dan air yang tersedia bagi setiap orang.

Orang miskin yang selama ini mengandalkan sumber daya alam, juga akan menanggung beban yang lebih berat karena mereka tidak akan mampu bersaing dengan orang kaya.(en/*)

Facebook Comments