Ariston Manaö Dengan Latarbelakang Sejumlah Koleksi Galeri Gaule Ana'a (foto. Etis Nehe/www.niasonline.net)

JAKARTA, NIASONLINE – Satu lagi langkah positif pemerintah daerah Nias Selatan (Nisel) untuk mempromosikan potensi di wilayahnya. Melalui Dinas Pariwisata, Pemkab Nisel mengikutsertakan hasil karya himpunan pengrajin yang tergabung dalam Galeri Gaule Ana’a pada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) Expo di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Acaranya dibuka pada 29 September 2011 dan berlangsung sampai 2 Oktober 2011,” ujar pimpinan Galeri Gaule Ana’a Ariston Manaö kepada Nias Online saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (27/9/2011).

Sejak kemarin, Ariston yang juga kepala desa Bawömataluo tersebut telah tiba Lombok. Dia menjelaskan, pameran itu fokus pada produk unggulan daerah. Pameran dilaksanakan di Lapangan Tugu Mataram.

Adapun produk kerajinan yang dibawa ke pameran tersebut di antaranya, berbagai ukiran kayu, konstruksi rumah adat Nias selatan dalam bentuk knock-down dan perabot dari batang kelapa. Pihaknya juga turut membawa berbagai brosur tentang daya tarik pariwisata dan keindahan Nias Selatan.

Ditanya harapannya terkait keikusertaan pada pameran itu, Ariston mengharapkan selain memperkenalkan pariwisata Nias Selatan kepada pengunjung, juga agar pengalaman Lombok dalam memberdayakan pengrajin dapat ditransfer pada pengrajin di Nias Selatan. Terutama terkait market (pangsa pasar) dan kualitas hasil kerajinan.

“Lebih jauh dari itu, kita juga akan coba hubungi biro travel yang ada di Lombok untuk mau bekerjasama dengan travel di Pulau Nias untuk memfasilitasi turis ke sana,” jelas dia.

Kegiatan pameran serupa juga akan diikuti Galeri Gaule Ana’a pada 20 Oktober 2011 di Batam. (EN)

Facebook Comments