MEDAN– Kontingen Sumatera Utara (Sumut) untuk sementara berhasil merebut 4 emas, 5 perak, dan 3 perunggu pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII 2011 di Batam, Kepulauan Riau, 18–25 September ini.

Empat emas tersebut masing-masing diraih Mari Yusuf Gulo, atlet dari cabang atletik untuk nomor 10.000 meter putri dan 5.000 meter putri. Emas berikutnya diraih Dimas dari cabang lempar cakram.Satu lagi, Annes yang tampil sebagai juara pertama pada cabang renang untuk 100 meter gaya punggung putri.

Sementara medali perak untuk Sumut disumbang Nyai Prima dari cabang atletik lari 10.000 meter, Hardodi (lempar cakram), M Usni Zamzami (tolak peluru), Daniel (renang 50 meter dan 100 meter gaya dada putra),serta catur cepat putri atas nama Charlely Tessi. Tiga medali perunggu masing-masing diraih Dimas di cabang tolak peluru, Akhirwanta 800 meter putri,dan Annes yang bertarung di nomor renang 200 meter gaya ganti putri.

“Kami berharap atlet-atlet Sumut terus mengumpulkan medali mengingat event ini masih menyisakan lima hari lagi.Masih ada beberapa cabang yang belum dipertandingkan,”kata Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumut Agussani, kemarin.

Untuk diketahui,Pomnas XII/2011 ini diikuti sekitar 2.454 mahasiswa dari 32 provinsi se-Indonesia.Event ini memperlombakan 10 cabang dengan total emas yang diperebutkan sebanyak 116 medali. Sumut sendiri mengirimkan 123 atlet didampingi 48 pelatih dan manajer. Sebanyak 120 atlet tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumut.

Bapomi sendiri tidak membebankan target kepada para atlet yang berlaga di Pomnas tersebut.Namun,Bapomi berharap Sumut dapat mempertahankan prestasi pada Pomnas sebelumnya di peringkat keenam. Target yang dibebankan tersebut dinilai cukup realistis mengingat dewasa ini persaingan atlet dari seluruh daerah di Indonesia, terutama atlet mahasiswa masih didominasi atlet-atlet asal Pulau Jawa.

Peluang untuk melewati 6 besar tahun ini cukup terbuka lebar,mengingat atletatlet pelatnas tidak lagi diperkenankan turun pada pelaksanaan Pomnas kali ini. “Kami sangat optimistis target 6 besar bisa tercapai,bahkan kemungkinan bisa terlampaui melihat perolehan medali yang dicapai anak-anak saat ini. Apalagi,masih ada lima hari tersisa untuk menambah perolehan medali,” katanya.

Agussani berharap para atlet tetap fokus dan menjunjung tinggi sportivitas karena Pomnas bukan hanya soal prestasi, melainkan juga ajang silaturahmi antarmahasiswa se-Indonesia.

“Kami berharap doa dan dukungan masyarakat Sumut agar atlet Sumut yang berlaga di Pomnas tersebut mampu mengharumkan nama daerah dan perguruan tingginya,” pungkasnya. ● dody ferdiansyah

Sumber: Seputar Indonesia

Facebook Comments