Nisel, Nominator Travel Club Tourism Award (TCTA) 2011

Friday, September 16, 2011
By susuwongi

Konferensi Pers Panitia Tourism Award 2011/SP

JAKARTA, NIAS ONLINE – Potensi wisata dan berbagai keunikan lainnya di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) kembali mendapat perhatian nasional. Nisel menjadi satu-satunya daerah di Pulau Nias dan bahkan di Sumatera Utara yang masuk 20 daerah nominasi Travel Club Tourism Award (TCTA) 2011.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Kelompok Kerja TCTA Budiarto Subroto dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (15/9/2011).

Budiarto menjelaskan, dari hasil seleksi, terpilih 20 daerah sebagai nominator. Pada kategori provinsi, tercatat enam provinsi, yaitu Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Jambi, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Untuk kategori kota sebanyak enam kota, yakni Kota Yogyakarta, Kota Sabang, Kota Padang, Kota Sawah lunto, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

“Sedangkan kategori kabupaten, terpilih Kabupaten Malang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Halmahera Tangah, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat,” ujar Budiarto.

Dia menjelaskan, pemilihan 20 nominator itu melalui proses panjang. Mulai dari pendaftaran, tabulasi data, mengumpulkan data-data daerah Indonesia, mengirimkan 500 kuesioner keseluruh pemerintah daerah, kemudian melakukan verifikasi hingga wawancara langsung dengan para nominator. Proses itu dilaksanakan oleh Pokja, juri dan juga auditor independen, Delloite.

Budiarto menjelaskan, dengan penghargaan itu, pemda dituntut lebih mengembangkan dna meningkatkan pariwisata di daerahnya.

Pemberian penghargaan itu sendiri merupakan kerjasama El John Publishing sebagai penerbit Majalah Travel Club yang bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Dihubungi terpisah, kepada Nias Online, Bupati Nisel Idealisman Dachi mengaku sangat mensyukuri masuknya Nisel dalam 20 nominator pemberian award itu. Dia juga mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Nias Selatan dan Kepulauan Nias agar Nisel terpilih.

“Tentu saja, Pemda Nisel juga akan mempersiapkan diri untuk menata pariwisata supaya Nisel benar-benar terwujud menjadi destinasi wisata yang berkembang baik ke depan,” kata dia.

Dari penelusuran Nias Online di situs TCTA 2011, penghargaan itu diberikan kepada daerah yang yang secara berkelanjutan memberikan kontribusinya pada pembangunan kepariwisataan di wilayahnya masing-masing.

Melalui seleksi bertahap, akan ditetapkan juara 1, 2 dan 3 untuk tiga wilayah: barat, tengah dan timur Indonesia. Sedangkan penganugerahan penghargaan kepada daerah yang menjadi pemenang, dijadwalkan pada 24 September 2011. (EN)

5 Responses to “Nisel, Nominator Travel Club Tourism Award (TCTA) 2011”

  1. 1
    fasaaro hulu, SS Says:

    saya mendukung,
    supaya Nias Selatan tetap menjadi pilihan Nominator Travel Club 2011. saya percaya bahwa kebudayan dan pariwisata nias dan selatan akan terus berkembang dan maju serta di kenal di seluruh dunia.

    dan juga saya dukung seluruh Bapak Bupati dan istansi pemerintahan di Pulau Nias selalu bersatu hati membangun,memajukan dan memperkenalkan budaya dan pariwisata yg kita miliki di kenal dan di akui oleh dunia.

    yaahowu

  2. 2
    Komunitas Mahasiswa Nias Medan Says:

    ‘AMAZING AND POWERFULL…,!!!

    KITA DUKUNG PENUH, MAJU AND PANTANG MUNDUR,…!!!
    TUNJUKKAN MERAHMU BUNG…………………..,!!!

    SYALOM…. YA’AHOWU, JBU”

  3. 3
    AMADA SIULU Says:

    NISEL YESS…. IDEALIS THANK’S

    NISEL MAJU, BANGSA BERJAYA…,

    YA’AHOWU, JBU ALL…”

  4. 4
    NIHA DANO Says:

    MIFAIGI MANE KHODA ZIBAGA BATALIFUSE, HENALENA SUI ALU’A MBUA MBIO ANDRE…

  5. 5
    NIHA TELLO Says:

    SEMOGA INI TIDAK HANYA OPINI BELAKA, SEMOGA MENJADI KENYATAAN, UNTUK MENSTIMULUS PEREKONOMIAN NISEL KHUSUSNYA DAN NIAS PADA UMUMNYA,…

    ”ORA ET LABORA”

    YA’AHOWU, GBU”

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2011
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930