Gunung Sitoli, (Analisa)

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Drs. Syaiful Syafri, MM didampingi Ketua Ujian Nasional Program Paket C (UNPP) Dra. Yuniar, M.Pd, meninjau peserta Ujian Nasional Paket C di kepulauan Nias, Rabu (6/7).

Peninjauan UN Paket C turut dihadiri Wakil Walikota Gunung Sitoli Aroni Zendrato, Sekda Gunung Sitoli Firman Harefa, Kadis Pendidikan Radius Nduru, dan Dandim Nias Letkol Kav Rayen Obersyl di SMA Negeri 3 Gunung Sitoli, dan pelaksanaan UN Paket C Kabupaten Nias di SMA Negeri 1 Gido

Kepada peserta yang mengikuti Ujian Paket C, agar mengikutinya dengan baik dan diharapkan bila kelak lulus bisa melanjut ke Perguruan Tinggi untuk memenuhi cita-citanya.

Menurutnya, kehadirannya di kepulauan Nias disamping untuk melihat secara dekat penyelenggaraan UNPP , juga dalam rangka melakukan pertemuan dengan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias dan Kota Gunung Sitoli.

Syaiful melihat Kepulauan Nias daerah yang jauh dari ibukota Provinsi dan merupakan bahagian dari kepulauan yang terluar dari Sumatera Utara, memerlukan perhatian khusus untuk memajukan pendidikan.

Sebagai contoh, kata Syaiful, untuk SMK harusnya kepulauan Nias dalam pembelajaran berkonsentrasi kepada bidang kepariwisataan, perikanan dan kelautan serta pertanian. Tetapi SMK di kepulauan Nias masih konsentrasi kepada bidang administrasi perkantoran dan komputer. Ini yang perlu diperbaiki kata Syaiful kepada para Kepala Dinas Pendidikan di Kepulauan Nias.

Syaiful juga meminta kepada para guru, dalam proses pembelajaran harus mengerahkan berbagai metode dan alat bantu TIK, sehingga pembelajaran di sekolah-sekolah di Kepulauan Nias bisa bersaing dengan sekolah lainnya.

Peserta UNPP C untuk Kota Gunung Sitoli diikuti oleh 45 peserta dan hadir mengikuti ujian sebanyak 38 orang, 4 di antaranya peserta yang gagal pada UN Formal sedangkan Kabupaten Nias diikuti 186 peserta, yang hadir mengikuti ujian sebanyak 154 orang yang dibagi dalam 10 ruangan ujian. (rel/maf)

Sumber: Harian Analisa (www.analisadaily.com) – 11 Juli 2011

Facebook Comments