Menteri PDT Helmy Faishal Zaini/IST

JAKARTA, NIASONLINE – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Nias Selatan (Nisel) sore ini. Pada kunjungan kali kedua ini, Menteri Helmy juga akan menerima penganugerahan nama dan marga dari masyarakat Nisel yang pengukuhannya dipusatkan di Desa Bawömataluo.

“Acaranya dijadwalkan sore ini, pukul 17.00 wib. Juga sekaligus akan ada pengukuhan pemberian gelar dan nama untuk Pak Menteri dengan nama Tuha Samaeri Nahönö Dachi. Acaranya dipusatkan di Bawömataluo,” ujar Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö kepada Nias Online melalui telpon selulernya, Selasa (28/6/2011).

Saat dihubungi, Ariston sedang mempersiapkan semua pelaksanaan acara, termasuk pemasangan lampu-lampu untuk keperluan penerangan karena acara diperkirakan berlangsung sampai malam.

Bersamaan dengan acara itu, kata Ariston, medali dan prasasti Desa Sadar Hukum yang diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM beberapa hari lalu untuk Desa Bawömataluo akan disematkan pada Patung Harimao yang pada acara sore ini juga akan ditampilkan dalam bentuk atraksi Famadaya Harimao.

Pada acara ini, kata dia, semua PNS di Nisel diwajibkan hadir. Termasuk para kepala desa. Sebagai bagian dari acara tersebut, semua atraksi budaya yang ditampilkan pada Bawomataluo 2011 pada Mei lalu, juga akan ditampilkan kembali.

Menteri Helmy sendiri sebelumnya pernah berkunjung ke Desa Bawömataluo sekitar tiga bulan lalu. Kemudian, disusul dengan kunjungan salah satu Deputi dari kementerian itu. Ditanya mengenai apa saja program yang mungkin akan diresmikan atau dicanangkan, Ariston mengaku belum mengetahuinya.

Dihubungi terpisah, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi membenarkan adanya kunjungan tersebut. Bahkan Bupati Idealisman saat berita ini diturunkan, sedang berada di Bandara Binaka, Gunungsitoli untuk menjemput Menteri Helmy.

Dia juga membenarkan, bahwa pada kunjungan itu, Menteri Helmy akan diberi gelar dan nama sebagai tanda pengesahannya menjadi warga Nisel. Pertimbangannya, kata dia, atensi sang menteri selama ini kepada Kabupaten Nisel dan masyarakat Nisel.

“Karena atensinya itu, masyarakat Nisel mengajak beliau menjadi warga Nisel,” kata dia.

Kedatangan menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, kata dia, dalam rangka kunjungan kerja. Juga tidak ada agenda pencanangan atau peresmian program tertentu. Menteri PDT juga akan meninjau proyek-proyek yang pendanaannya didukung dari anggaran Kementerian PDT. Misalnya, produk unggulan kabupaten seperti penanaman benih coklat unggulan.

Pada kunjungan itu, kata dia, Menteri PDT akan meninjau objek-objek wisata di Nias Selatan. Pemda juga akan memanfaatkan kesempatan itu untuk mengekspos produk unggulan apa saja yang bisa dikembangkan agar Nisel keluar dari ketertinggalan. Termasuk untuk mengetahui, apa yang bisa dilakukan Kementerian PDT terkait potensi-potensi itu.

Dia juga berharap, dengan melihat berbagai perubahan saat ini di Nisel, pemerintah pusat tidak ragu untuk memberikan program-program yang dicanangkan pemerintah pusat kepada kabupaten dan masyarakat Nisel. (EN)

Facebook Comments