Teluk Dalam dan Gunungsitoli Kandidat Ibukota Provinsi Nias

Wednesday, June 22, 2011
By susuwongi

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi (Foto: Doc. Etis Nehe/www.niasonline.net)

JAKARTA, NIASONLINE – Lima Kepala Daerah dari lima daerah otonomi di Pulau Nias sepakat mengusulkan dua kandidat untuk lokasi ibukota Provinsi Nias yang pembentukannya sudah diusulkan ke pemerintah pusat. Dua kandidat itu adalah Teluk Dalam (Ibukota Kabupaten Nias Selatan) dan Gunungsitoli.

“Ya, Teluk Dalam salah satu kandidat bersama Gunungsitoli. Kita akan berjuang bagaimana supaya Teluk Dalam jadi ibukota Provinsi Nias,” ungkap Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi kepada Nias Online saat dihubungi melalui telpon selulernya, Selasa (21/6/2011).

Dia menjelaskan, awalnya memang tidak semua setuju dengan usulan itu. Tapi setelah diberikan pemahaman, semua pihak dapat menerimanya. Dia menjelaskan, pembicaraan antar kelima kepala daerah terkait ibukota Provinsi Nias itu dilakukan sekitar sebulan lalu.

Selanjutnya, untuk mengkonkritkan rencana itu, saat ini sedang berlangsung studi kelayakan untuk menentukan mana di antara kedua kota itu yang memenuhi syarat menjadi ibukota Provinsi Nias.

“Studi kelayakannya sedang berjalan. Mudah-mudahan hasilnya bisa diketahui secepatnya. Masih pada tahun ini,” jelas dia.

Saat ini, Pemkab Nisel sedang gencar-gencarnya membenahi kota Teluk Dalam sebagai ibukota kabupaten Nisel. Kebersihan dan relokasi para pedagang juga dilakukan. Kota Teluk Dalam juga saat ini dilengkapi dengan dua bus ukuran sedang untuk memfasilitasi perjalanan dalam kota, terutama ke pusat pasar untuk belanja.

Tidak hanya itu, saat ini juga sedang dilakukan pembenahan bangunan-bangunan yang tidak sesuai perizinan (IMB). Dari informasi yang dihimpun Nias Online, saat ini beberapa rumah yang sisinya dianggap menyalahi izin (IMB) mulai ditertibkan/dibongkar. Termasuk bangunan tambahan di depan rumah yang mengambil sisi trotoar jalan sudah mulai dibongkar.

Peta Pulau Nias Berdasarkan Wilayah Otonominya (Foto: niasjaya.files.wordpress.com

Pembangunan jalan raya, khususnya pelebaran jalan pada sisi kiri dan kanan sedang direncanakan. Meski begitu, Bupati Idealisman menegaskan, penataan dan pelebaran jalan itu bukan semata-mata karena adanya rencana menjadikan Teluk Dalam sebagai ibukota Provinsi Nias.

“Soal pelebaran jalan itu rencananya pada 2012 sesuai konsep yang ada untuk antisipasi perkembangan kota ke depan. Juga penertiban rumah yang tidak sesuai IMB. Sehingga tampak rapi. Itu terlepas dari apakah akan jadi ibukota Provinsi Nias. Masa kita baru mau bagus kalau Teluk Dalam jadi ibukota Provinsi. Apapun kondisinya, ke depan, kota ini harus rapi, tertib dan bersih,” tandas dia.

Deklarasi pembentukan Provinsi Nias sendiri dilaksanakan oleh para wakil kelima daerah otonomi pada Senin, 2 Pebruari 2009 di Pendopo Bupati Nias di Gunungsitoli.

Sedangkan usulan pembentukan Provinsi Nias itu mendapat persetujuan dari sidang paripurna DPRD Sumatera Utara pada Senin (9/5/2011) untuk diajukan ke Pemerintah Pusat untuk diajukan ke DPR RI untuk mendapat persetujuan. Selain usulan pembentukan Provinsi Nias, juga turut disetujui adalah pembentukan Provinsi Tapanuli dan Provinsi Sumatera Tenggara. (EN)

Tags: ,

23 Responses to “Teluk Dalam dan Gunungsitoli Kandidat Ibukota Provinsi Nias”

Pages: « 1 2 [3] Show All

  1. 21
    Menoli R. S. Moho Says:

    Mewujudkan suatu tujuan adalah menyatukan pendapat, semangat, bersatu. jauhkan arrogansi dan kepentingan pribadi fokus pada sasaran buat perubahan yang menghidupkan masyarakat bukan menyengsarakan dan jadilah figur wakil rakyat dan pemimpin sejati yang dibanggakan masyarakat kepulauan nias. cetaklah sejarah hari ini untuk mengangkat pulau nias menuju masyarakat sehat, berpendidikan dan makmur.

    salam,
    Menoli Moho, S.Pd.

  2. 22
    Radius Harefa Says:

    dimanapun kota propinsi ta apalah yang tr penting jadi propinsi pulau nias.

  3. 23
    Hame Tell Says:

    saya sendiri saya senang sekali kalau nias jadi propinsi karena kemajuan pulau nias luar biasa, waktu saya tinggalkan nias hanya 13 kecamatan. sekarang sdh maju, dari ham telaumbanua serang banten

Pages: « 1 2 [3] Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2011
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930