Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi (Foto: Etis Nehe/www.niasonline.net)

JAKARTA, NIASONLINE – Program pendidikan gratis yang dicanangkan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi dipastikan direalisasikan pada tahun ajaran tahun ini. Saat ini, Pemda Nisel sedang giat-giatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat Nisel.

“Dari kemarin, kami sudah gencar melakukan sosialisasi pendidikan gratis dari TK sampai ke perguruan tinggi seperti yang kami canangkan. Pendidikan gratis ini, tidak hanya sekolah negeri. Tapi juga sekolah swasta dan sekolah milik lembaga keagamaan,” ujar Bupati Idealisman kepada Nias Online saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Selasa (21/6/2011).

Dia menjelaskan, untuk tahun ini, pihaknya menganggarkan sekitar Rp 15 miliar untuk pendidikan gratis tersebut. Sosialisasi ini melibatkan para kepala sekolah termasuk para kepala desa untuk memberi pemahaman kepada masyarakat.

Selain gratis biaya pendidikan, tambah dia, mulai Juni ini juga, program gratis biaya pelayanan kesehatan dasar juga efektif berlaku. Untuk program itu, Pemda menyediakan anggaran sekitar Rp 10 miliar.

Pemkab Nisel dan DPRD Nisel mencapai kata sepakat dengan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) untuk pendidikan gratis dan pelayanan kesehatan dasar gratis pada 6 Mei 2011. Itu berarti hanya dalam kurun sekitar tiga minggu saja sejak dilantik pada 12 April 2011, Bupati Idealisman Dachi dan Wakilnya Hukuasa Ndruru merealisasikan janji kampanye mereka.

Pada saat kampanye, pasangan itu menjanjikan tiga hal ‘berani.’ Yakni, pemberantasan korupsi, pendidikan gratis dari TK sampai Perguruan Tinggi dan pelayanan kesehatan dasar gratis. (EN)

Facebook Comments