Kota Teluk Dalam, Nias Selatan Kini Terlihat Bersih

Tuesday, June 21, 2011
By susuwongi

Pusat Kota Teluk Dalam yang terlihat bersih (Foto: PSZ)

JAKARTA, NIASONLINE – Berbeda dengan keadaan selama lima tahun terakhir ini, suasana ibukota Kabupaten Nias Selatan, Teluk Dalam, kini terlihat nyaman. Jalan-jalan dan kota terlihat bersih dari sampah.

Sebelumnya, jalan-jalan di kota Teluk Dalam dipenuhi pedagang makanan, buah, ikan, daging babi dan berbagai produk pertanian lainnya. Sehingga selain menyebabkan jalanan macet, juga menimbulkan bau tidak sedap.

Suasana Kota Teluk Dalam Sebelum Penertiban (Foto: Doc. Etis Nehe/www.niasonline.net)

Semua pedagang telah dipindahkan ke Pasar Jepang, di kawasan dermaga, di Pelabuhan Teluk Dalam. Selain itu, saluran air di tengah kota, yang bermuara ke laut, juga telah ditata kembali dan dikeruk untuk memperlancar aliran air kotor yang sering menimbulkan bau menyengat.

Tidak hanya itu, wajah kota juga telah bersih dari berbagai tautan tali atau kain spanduk atau iklan produk, terutama di kawasan Simpang Lima.

Beberapa warga yang Nias Online hubungi mengatakan senang dengan penataan kota Teluk Dalam tersebut. Selain lebih nyaman, juga enak untuk dilihat.

“Sekarang beda sekali dengan sebelumnya. Kota bersih. Berharap hal ini tetap dipertahankan,” ujar Patriot Saro Zagötö, salah satu warga Nisel, kepada Nias Online saat dihubungi pada Selasa (21/6/2011).

Dihubungi terpisah, Bupati Nisel Idealisman Dachi membenarkan gencarnya gerakan penertiban dan penataan kota Teluk Dalam. Menurut dia, sebagai kota milik bersama, maka kota itu harus benar-benar bersih.

Suasana Salah Satu Ruas Jalan yang Dipenuhi Pedagang, Sebelum Penertiban (Foto: Doc. Etis Nehe/www.niasonline.net)

“Sampah sudah tidak lagi bertebaran. Setiap saat dibersihkan dan setiap saat sampah diangkut ke pembuangan,” kata dia ketika dihubungi melalui telpon selulernya, Selasa (21/6/2011).

Untuk merealisasikan program itu, kata dia, semua pihak terkait dikerahkan. Termasuk camat Teluk Dalam, yang dikerahkan untuk memimpin langsung pembersihan kota. Spanduk-spanduk tidak lagi diizinkan bertebaran di sembarang tempat. Para pedagang kaki lima juga telah dipindahkan di lokasi pasar yang tersedia.

Dia mengaku, tidak ada persoalan dengan para pedagang terkait pemindahan itu. Sebab, pihaknya menekankan komunikasi dan pemberian pemahaman atas tujuan pembersihan dan penataan kota itu.

“Akhirnya mereka juga mau. Saya pikir akhirnya semua senang karena terkoordinir dengan baik dan pasar jadinya bersih,” tandas dia.

Dalam wawancara eksklusif dengan Nias Online pada 16 Mei 2011, Bupati Idealisman mengungkapkan bahwa pembersihan dan penataan kota Teluk Dalam menjadi salah satu prioritas. “Kota Teluk Dalam akan ditata terus sehingga layak sebagai ibukota,” kata dia saat itu. (EN)

Pasar Jepang (Foto: PSZ)

Pasar Jepang (Foto: PSZ)

Pembersihan Kali di Tengah Kota Teluk Dalam (Foto: Doc. Etis Nehe/www.niasonline)

Tags:

5 Responses to “Kota Teluk Dalam, Nias Selatan Kini Terlihat Bersih”

  1. 1
    Mark Flint Says:

    This is really showing what good communication and coordination can do, great news to hear that the people of Teluk Dalam have started to get the a sense of “rasa memiliki”
    Congratulation to Pak Bupati and Pak Camat atas kerja sama dan juga kepada all the people who are assisting in cleaning up Teluk Dalam and Nias Selatan, Ibu Kota Nias bisa jadi, dan bukan mimpi saja…

  2. 2
    Sirus Laia Says:

    Ini satu prestasi. Saya ingat selama masa rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa UU Sampah telah dirancang dan pernah ada saat di mana kota Teluk Dalam bersih. Tapi dalam waktu singkat kota itu telah kembali ke habitat semula. Salut kepada Pemda dan Camat Teluk Dalam.

  3. 3
    Waozatulo lase Says:

    Iya benar Seluruh warga Masy Nisel berterima ksh kpda pmrintah kab Nisel dimana Kota Kab Nisel Skg sudah bersiih dan Sehat shingga tdk kalah saing dgn kota lain yg ada d wlyah Indonesia. Tx

  4. 4
    Nuel Ozi D'sarx Sarumaha Says:

    telukdalam
    indah 🙂

  5. 5
    Baruh Elichai Lovnes Says:

    SENOGA TELUK DALAM MENJADI KABUPATEN YANG BAIK DIMASA DEPAN GENERASI PENERUS

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2011
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930