Nias Selatan Wakili Sumut di Pentas Kesenian Bali

Thursday, June 9, 2011
By susuwongi

Atraksi Lompat Batu pada Pembukaan acara "Bawömataluo 2011" (Foto: By/Doc. Etis Nehe/www.niasonline.net)

JAKARTA, NIASONLINE – Kabupaten Nias Selatan (Nisel) akan mewakili Provinsi Sumatera Utara pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 di Bali. Pada acara budaya tersebut, panitia mengundang perwakilan setiap provinsi. Kontingen penampil dari Nisel sendiri berasal dari Desa Bawömataluo dan beberapa desa lainnya dari berbagai kecamatan.

“Nisel mewakili Sumatera Utara pada acara itu. Akan tampil pada 17 Juni 2011. Tapi kontingen akan berangkat dari pada 15 Juni 2011,” ujar Kasi Tenaga, Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata Nisel Dasa Manaö kepada Nias Online di Jakarta, Kamis (9/6/2011).

Pria yang juga dikenal salah satu koreografer atraksi budaya Nisel tersebut menjelaskan, pada acara itu akan diikuti oleh 14 penampil atraksi. Atraksi yang akan ditampilkan di antaranya, tari perang (faluaya), fogaele, dan lompat batu (Hombo Batu).

Malam Pesona Budaya Nisel

Sementara itu, dia mengungkapkan, selain acara di Bali itu, sebenarnya juga sedang dalam tahap penyiapan pelaksanaan Malam Pesona Budaya Nias Selatan. Acara itu diagendakan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada bulan Juli 2011.

“Semua persiapan sudah selesai, tinggal menunggu persetujuan Bupati. Rencananya digelar pada Juli nanti,” ujar adik dari tokoh budaya Bawömataluo, Hikayat Manaö itu.
Dia menuturkan, salah satu atraksi yang akan digelar di TMII adalah famadaya harimao.

Sebelum penampilan di TMII itu, kata dia, tim kesenian Nisel akan tampil pada acara Asosiasi Kabupaten se-Indonesia di Jakarta pada bulan yang sama. (EN)

2 Responses to “Nias Selatan Wakili Sumut di Pentas Kesenian Bali”

  1. 1
    Berkat Ndraha Says:

    maju terus Nias ku… keindahan alam dan budayamu yg masih alami kini di kejar-kejar oleh bangsa lain untuk menikmatinya. Tari perang dan hombo batu Nias tampil sebagai iklan produk Kuku Bima Energi adalah kebanggaan Ono Niha.

  2. 2
    Berijayanti Halawa Says:

    irono sasese nidegu-degu, bada’o ndrono ni’omasi’o zatua. bada’o dania ndraono same’e badodo nia halowo,awo goroisa zatua khonia…..
    Bairaono ni’omasi-masi’o silo irai muhowo, ba’oi ni dehe-dehe mano. Bada’o ndrono sitekiko,solomangila hadia zinangea ifalua bawa’auri nia.
    Berikan lah perhatian yg wajar bagi seorng anak.
    boi hulo nono wofo tataya ba lalu’ada ba iti’ini goi dania laluada….

    irugi da’e ua lala li si’oroi khogu, ba ambo tora tafaoma tabologo dododa….baziso fona tatohugo….Saohagolo. Ya’ahowu……!!!!!

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2011
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930