Salah Satu Realisasi Program PNPM Mandiri digunakan Membangun Balai Desa

Teluk Dalam, Nias Online – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) menilai realisasi program PNPM Mandiri yang disalurkan pemerintah pusat di daerah itu belum memuaskan. Sebab, implementasinya banyak yang tidak sesuai dengan program pembangunan yang telah disusun oleh Pemda.

“Realisasinya tidak memuaskan karena masing-masing fasilitator, saya lihat, kesannya bahwa tidak mendasar pada kebutuhan masyarakat sebenarnya. Tidak sesuai dengan program pemda. Harusnya itu disinkronkan,” ujar Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi dalam wawancara eksklusif dengan Nias Online di Rumah Dinas Bupati Nisel di Ibukota Kabupaten Nisel, Teluk Dalam, Senin (16/5/2011).

Dia menggambarkan, misalnya, kalau desa A mendapat dana PNPM untuk pembangunan jalan, maka harusnya disinkronkan dengan program serupa di desa B, C dan D sehingga bisa terhubung dengan jalan Provinsi atau kabupaten. Sebab, tanpa sinergi, maka akses yang diharapkan akan sulit terwujud. Karena itu, dia mengharapkan program PNPM itu bersinergi dengan kebutuhan infrastruktur sehingga semua bisa terhubung.

Dia mengungkapkan, dana PNPM yang masuk setiap tahun ke Kabupaten Nisel mencapai Rp 40 miliar. Dia menilai, dana sebesar itu akan berdampak signifikan bila digunakan secara tepat. Karena itu dia berharap, dengan adanya sinergi, pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bisa diketahui mana yang perlu dibangun dan di desa mana.

Dia menjelaskan, pemerintah yang dipimpinnya memiliki program sebagaimana tertuang dalam RJPM yang dititik beratkan, di antaranya, pada pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pariwisata. Khusus soal infrastruktur, kata dia, saat ini Pemda Nisel sedang membuat grand design mana yang akan diprioritaskan dibangun.

Sedangkan untuk akses jalan ke desa-desa, tambah dia, akan dibuka agar masyarakat bisa mendistribusikan produk mereka. Targetnya, hasil produksi masyarakat desa dengan mudah didistribusikan dan tidak terbebani ongkos yang tinggi.

“Kita akan bekerjasama dengan PNPM Mandiri yang sebelumnya membangun akses infrastruktur di desa. Akan kita sinergikan itu sebagai langkah yang konkrit untuk membuka akses ke desa-desa,” tandas dia. (EN)

Facebook Comments