Pemda Nisel Akan Benahi Akses Jalan ke Pusat-pusat Pariwisata

Friday, May 20, 2011
By susuwongi

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi (Foto. Doc. Etis Nehe)

Teluk Dalam, Nias Online – Pemerintah Daerah Nias Selatan (Pemda Nisel) menjanjikan perbaikan infrastruktur pendukung, khususnya akses jalan ke pusat-pusat pariwisata di Nisel. Tujuannya, agar para wisatawan yang berkunjung ke daerah-daerah wisata tersebut bisa merasakan kenyamanan.

“Ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah seperti itu. Nanti kita akan membangun akses-akses dulu ke sana, bukan hanya ke Bawömataluo, tapi ke desa-desa lain seperti lagundri, sorake supaya yang berkunjung ke sana merasa nyaman,” ujar Bupati Idealisman Dachi dalam wawancara eksklusif dengan Nias Online di rumah dinasnya di Teluk Dalam, Nisel, Senin (16/5/2011).

Seperti diketahui, meski pagelaran Bawömataluo 2011 berhasil menyedot perhatian pengunjung yang mencapai sekitar 28 ribu orang, namun acara yang digelar pada 13-15 Mei 2011 tersebut tidak didukung infrastruktur jalan yang memadai. Jalan sepanjang hampir 3 kilometer dari simpang di Desa Bawöfanayama (Ndraso) menuju Desa Bawömataluo mengalam kerusakan merata berupa lobang dan hamburan batu-batu yang mengelupas dari badan jalan. Tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, jalanan rusak itu juga bahkan sempat menyebabkan korban pada hari kedua acara itu.

Adopsi Konsep

Bupati Idealisman juga mengakui, konsep pagelaran yang digagas dan dilakukan dengan dukungan swadaya masyarakat tersebut sangat bagus dan sangat positif. Sebab, dengan acara itu, masyarakat Desa Bawömataluo mampu menunjukkan dan memeragakan potensi-potensi budayanya.

“Harapan saya juga, masyarakat pelaku pariwisata ini dapat menunjukkan budaya yang jauh lebih baik, terutama dalam menerima tamu. Lebih ramah sehingga para pelancong yang datang ke desa atau ke pantai merasa nyaman dan bisa cerita kepada dunia luar,” kata dia.

Dia mengatakan akan meminta laporan lengkap soal pagelaran itu melalui Dinas Pariwisata Nisel. Sebab, pemerintah tidak akan lepas tangan untuk memfasiltasi kegiatan serupa itu supaya potensi pariwisata tersebut dapat ditunjukkan kepada dunia luar.

Dia juga tidak menuntup kemungkinan, konsep pagelaran Bawömataluo tersebut diadopsi oleh Pemda Nisel. Bahkan pemerintah bisa melakukan langkah yang lebih besar lagi supaya potensi budaya tersebut bisa dieksplorasi supaya orang luar bisa tahu bahwa ada sesuatu yang indah di Nisel.

“Oh itu bisa. Artinya, Pemda tidak alergi terhadap hal-hal yang bisa menunjukkan sesuatu yang baik,” tandas dia. (EN)

6 Responses to “Pemda Nisel Akan Benahi Akses Jalan ke Pusat-pusat Pariwisata”

  1. 1
    Ankara Says:

    Bagus Pak….tapi jangan-jangan famili semua pemborongnya. Hasil borongan keluarga Bapak bobrok semua. Contohnya jalan di Hilisimaetano nggak sampe 1-2 tahun sudah rusak dan nggak selesai. Bangunan rumah BRR hasil borongan adik dan abang Bapak nggak memenuhi 80% dari besteknya. Jangan “lips service” doang ya Pak Bupati.

  2. 2
    Hikmat Wau Says:

    Salam, Buat Pak Bupati

    Ide merupakan target yang akan dicapai, maju terus pak.

    Salam,
    Hikmat Wau

  3. 3
    Linus Fatili Laia Says:

    Saya setuju dengan program bapak Bupati Nias Selatan yang membenahi fasilitas dan sarana dibidang parawisata, karena parawisata merupakan salah satu sumber penghasilan daerah, Karena Nias selatan merupakan daerah yang kaya budaya dan potensi tujuan wisata yang menarik dan indah, sehingga bisa menarik minat wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri dan juga harus dibarengi dengan promosi-promosi secara online, sehingga memudahkan bagi wisatawan yang akan mengunjungi pulau Nias, terutama Nias Selatan.

    (Linus Fatili Laia – Denpasar Bali)

  4. 4
    L. zatua Says:

    Saya sangat setuju pak …. pembangunan akses jalan menuju daerah Pariwisata. kalau boleh Pak semua sektor pariwisata tersentuh. wisatawan akan capek jalan jauh pasti mau istirahat, senang, menikmati indahnya Nias Selatan.Usul saya; Pembangunan Alo’oa Park, wisata agama, penginapan, restoran. Pasti seru banget pak tidak mebosankan. Kapan impian ini bisa terwujud ? saya punya lahan tapi saya tidak punya uang untuk membangunnya. Aku percaya Bapak Bupati Idealisman Dachi bisa merealisasikan impian saya ini. amiiiiiin.

  5. 5
    PCNUNisel Says:

    PC. NU Nias Selatan sllu mndukung program Bupati Nisel dlm hal kemajuan nisel dan program yang menyentuh rakyat, pembukaan akses ke daerah-daerah pariwisata termasuk PP. Batu,dan perbaikan jalan. termasuk pelebaran kota Telukdalam.

  6. 6
    Pdt. Alvius Wau, S.Th Says:

    Program Pemkab Nisel tentang pembenahan akses jalan ke pusat pariwisata di Nisel layak diapreasiasi tapi pelaksanaanya jangan “asal jadi” seperti di Jl.Saonigeho yang baru beberapa bulan ditambal, rusak lagi. Pilihlah kontraktor yang berkualitas dan terbeban demi kemajuan masyarakat Nisel yang sejahtera. Semoga…………..?

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031