Suasana Keramaian Acara Puncak Pagelaran "Bawömataluo 2011" (Foto: Doc. Etis Nehe)

Bawömataluo, Nias Online – Acara puncak “Bawömataluo 2011” benar-benar luarbiasa, terutama dari sisi jumlah pengunjung. Hingga acara dimulai pada siang hari, jumlah pengunjung menembus angka 20 ribu orang. Jumlah pengunjung yang jauh melampaui total pengunjung pada dua hari sebelumnya.

“Menurut data dari media center, jumlah pengunjung sampai saat ini sudah mencapai 28 ribu,” ujar Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö di Bawömataluo, Minggu (15/05/2011).

Dengan menggunakan mobil, angkutan umum atau pun sepeda motor, pengunjung menyesaki desa itu. Mereka berasal dari berbagai desa, kecamatan bahkan kabupaten di luar Nias Selatan. Juga tampak sejumlah pengunjung dari Jakarta yang kebetulan sedang berlibur di Pulau Nias.

Lahan parkir yang tersediapun tidak mampu menampung kendaraan berbagai jenis yang hendak parkir. Terpaksa parkir jauh di sepanjang jalan sebelum mencapai Desa Bawömataluo.

Untuk menjaga keamanan, panitia menyiapkan sejumlah warga untuk itu. Juga terdapat puluhan anggota Polres Nias Selatan berpakaian dinas maupun berpakaian preman. Selain itu, juga dikerahkan para sana’a (peronda) yang secara tradisional telah berfungsi sejak dulu di desa itu.

Hingga acara ditutup secara resmi pada sekitar pukul 16.00 Wib, semua acara berjalan aman dan tertib. Meski acara resmi ditutup, sejumlah kegiatan masih dilakukan, termasuk pameran kerajinan dan makanan hingga malam. (EN)

Facebook Comments