Bawömataluo 2011 Tidak Didukung Infrastruktur Jalan yang Baik

Sunday, May 15, 2011
By susuwongi

Bawömataluo, Nias Online – Ada hal yang kontras dengan pangelaran budaya “Bawömataluo 2011” di Desa Bawömataluo. Acara yang menjadi ajang menarik pengunjung ke desa pariwisata tradisional itu justru tidak didukung dengan prasarana jalan yang memadai. Jalan raya menuju Desa Bawömataluo, mulai dari simpang Desa Bawöfanayama (Ndraso) dipenuhi kerusakan dan hamburan kerikil/batu-batu kecil yang mengelupas dari badan jalan.

Keadaan itu, selain menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung, juga berisiko menimbulkan kecelakaan. Bahkan, semalam, Nias Online menemukan seorang korban akibat kerusakan jalan itu. Seorang wanita yang pulang dari Desa Bawömataluo terjatuh dan mengalami cedera berat pada kakinya. Kemungkinan sepeda motornya tergelincir akibat melindas batu-batu kecil di atas dan di sekitar badan jalan yang rusak.

Beruntung, saat kejadian ketika sudah malam dimana tanpa penerangan jalan itu, sejumlah warga Desa Bawömataluo menolong dan membawanya untuk mendapatkan pertolongan pertama di salah satu rumah perawat di Ndraso.

Jalanan rusak itu memang tidak mengurangi animo pengunjung menyesaki malam budaya di Desa Bawömataluo. Tapi, daya tarik acara dan desa itu tidak bisa menjadi alasan untuk permisif untuk tidak melakukan tindak perbaikan memadai atas kondisi jalan itu.

Pengamatan Nias Online, sepanjang jalan menuju Desa Bawömataluo, terlihat tidak dikerjakan dengan baik. Terlihat seperti melapis aspal sebelumnya yang rusak dengan ketebalan sekitar lima sentimeter saja. Tidak heran bila aspal jalanan itu mudah mengelupas, membentuk lobang dan menghamburkan batu-batunya di permukaan jalan.

Pemerintah Nias Selatan (Nisel), baik Bupati Nisel Idealisman Dachi maupun Wakil Bupati Hukuasa Ndruru yang membuka acara itu menyatakan sangat mendukung penyelenggaraan acara itu.

Tapi, tentu saja dukungan nyata, paling cepat dan paling urgen saat ini adalah menyediakan jalan raya berkualitas menuju desa itu. Artinya tidak ada dukungan tanpa penyediaan prasarana jalan yang seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah itu.

Masyarakat Desa Bawömataluo telah membuat terobosan dengan upaya swadaya memromosikan sekaligus melestarikan kebudayaan yang menjadi kebanggaan Nias Selatan bahkan Pulau Nias itu. Tidaklah berlebihan untuk mendukung upaya mereka dengan infrastruktur jalan yang berkualitas. Tidak lagi dengan cara pengerjaan seperti yang sudah berkali-kali dilakukan selama ini, rata-rata tidak berumur panjang.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö mengatakan, dukungan yang dibutuhkan dari pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa itu tidak banyak. Yakni, ketersediaan transportasi yang banyak dan infrastruktur jalan yang berkualitas. (EN)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031