Bawömatalui, Nias Online – Seperti diperkirakan sebelumnya, acara puncak Pagelaran Atraksi Budaya “Bawömataluo 2011, pengunjung dari berbagai wilayah di Pulai Nias mulai memadati Desa Bawömataluo.

Beberapa pengunjung yang barusan tiba dari Kecamatan Idanö Gawo, dengan menumpang tiga mobil dan puluhan sepeda motor mengaku mendengar info acara ini dari siaran Radio Rapublik Indonesia (RRI) Gunungsitoli.

“Kami dari Idanögawo. Kami dengar info dari radio,” kata Roni Lase kepada Nias Online di Bawömataluo, Minggu (15/5/2011).

RRI sendiri telah bersiaran secara live secara berturut-turut sejak Kamis (12/5/2011). RRI mengerahkan tim yang besar untuk meliput acara ini. Mereka menempati sebagian sisi Bale (Balai Desa) untuk melakukan siaran.

Sementara itu, sekelompok wisatawan asal Jakarta juga tampak hadir. Mereka mengaku tidak tahu informasi ini sebelumnya. Tapi sesampai di Nias sehari sebelumnya, mereka memutuskan ke Desa Bawömataluo.

“Ini event yang tidak bisa dilewatkan. Kami dari Jakarta, kebetulan memanfaatkan hari kejepit nasional (harpitnas). Jadi, kami ke sini saja,” ujar Hermandari saat berkenalan dengan Nias Online di puncak tangga masuk Desa Bawömataluo.

Bersama teman-temannya terlihat menikmati suasana dengan mengabadikannya dengan kamera-kamera untuk profesional yang mereka tenteng. Mereka juga tidak melewatkan berbelanja hasil kerajinan tangan buatan warga Desa Bawömataluo di stand-stand yang telah tersedia. Juga terlihat banyak pengunjung lainnya melakukan transaksi.

Hermandari yang mengaku berasal dari Jakarta Selatan tersebut mengatakan, sudah sering mendengar Nias, khususnya Bawömataluo dengan lompat batunya.

“Tapi baru kali ini kami ke sini,” jelas dia.

Acara puncak hari ini dijadwalkan dimulai pukul 14.00 Wib. Beberapa acara yang akan ditampilkan adalah famadaya harimao, faluaya, lompat batu. (EN)

Facebook Comments