Wakil Bupati Nisel Buka Pagelaran “Bawömataluo 2011”

Friday, May 13, 2011
By susuwongi

Bawömataluo, Nias Online – Wakil Bupati Nias Selatan (Nisel) Hukuasa Ndruru secara resmi membuka Pagelaran Atraksi Budaya “Bawömataluo 2011” di Desa Bawömataluo. Acara itu sendiri semula dijadwalkan dibuka oleh Bupati Nisel Idealisman Dachi. Namun, tidak ada alasan yang jelas soal batalnya kehadiran Bupati tersebut.

Dalam sambutannya, Hukuasa mengatakan, pesta budaya itu merupakan salah satu sarana untuk menguatkan kebangkitan Nisel untuk bisa bersaing menjadi lebih baik.

Hukuasa juga mengingatkan dan mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan untuk memajukan Nisel, termasuk dari sisi kebudayaannya.

Pembukaan acara itu juga dihadiri sejumlah pejabat teras Nisel. Juga hadir Kapolres Nisel AKBP Leonardus Erick Bhismo berserta jajarannya. Usai membuka acara, Hukuasa meninjau stand kerajinan tangan di ndrölö Halamba’a dan juga stand makanan di ndrölö Raya.

Hukuasa juga mengungkapkan, telah memerintahkan para SKPD untuk memberi contoh dengan belanja produk-produk kerajinan tangan yang dipamerkan di acara itu.

Acara itu sendiri berlangsung meriah, meski dibayangi mendung dan sedikit gerimis. Kehadiran pengunjung, terutama dari luar Desa Bawömataluo tidak mengalami lonjakan signifikan. Lonjakan pengunjung diperkirakan pada hari kedua dan pada puncak acara pada hari ketiga, Minggu (15/5/2011).

Pada pembukaan acara tersebut, sejumlah tarian diperagakan. Yakni, tari perang (faluaya), pemberian sekapur sirih oleh para wanita sogaele, atraksi lompat batu dan ditutup dengan acara Maena.(EN)

3 Responses to “Wakil Bupati Nisel Buka Pagelaran “Bawömataluo 2011””

  1. 1
    LANDAK Says:

    SAYANG SEKALI PADA ACARA PEMBUKAAN PAGELARAN DI DESA BAWOMATALUO TIDAK DIHADIRI OLEH BUPATI NISEL SELAKU PUTRA DAERAH YANG PANTAS KITA BANGGAKAN. MAKLUM SIBUK TUGAS…SEHINGGA TIDAK BISA MELUANGKAN WAKTU UNTUK HADIR PADA ACARA TERSEBUT. SEMENTARA DAERAH PARIWISATALAH YANG MENJADI TARGET UTAMA DALAM MEMAJUKAN NISEL DIMATA DUNIA.

  2. 2
    laoliyaman Says:

    Kita berharap bahwa pagelaran budaya tidak hanya sekedar atraksi yang menjadi bahan tontonan dan hiburan rakyat dengan segala nilai komersialnya, tetapi juga nilai esensi dari setiap unsur budaya dapat bertumbuh bagi segenap kalangan. Ada banyak hikmah dan arti yang dikhatirkan terjadi pergeseran nilai dan makna, terlebih dengan pengaruh arus budaya global yang bisa saja menenggelamkan…., mari bangkit dan bangga dengan budaya kita ditengah dunia yang semakin maju. salam kami tuk panitia dan pemerintah yang telah berjerih lelah.

  3. 3
    eliyusu Ndruru Says:

    ya….Mantap tpi perlu di kembangkan dan di pamerkan melalui promosi jangan hanya di Nias tapi juga di mata publik seluruh Dunia Bahwa ini yang menjadi Aset penambahan Devisa untuk Nias.

    Tapi perlu kita Doakan supaya sistim pemeritahan Nias selatan Mempunyai Rasa kekompakan dan peduli thdp kaum orang lemah….

    klo kita lihat selama ini ato Baru2 ini dah Mulai nampak, bahwa ini pemimpin yang Di utus oleh Tuhan Untuk mengangkat kaum derajat orang Lemah peduli dah Bahkan Melayani Bukan dilayani, semoga pak dikembangkan lagi karena keprcayaan itu dah di tangan anda Berdua dan kami harapkan kekompakan klian Berdua semoga makin langgeng dan tidak ada rasa menyimpan dan Tranparan
    dan kami Bangga juga karena kemari kami Baca di koran SIB,Analisa dan posmetro selalu di sebut2 nama Bapak sebagai Wakil Ketua KNPI-SUMUT (HUKUASA NDRURU)yang Baik.
    semoga juga di kembangkan pak Klo boleh di promosikan melalui itu juga dah Bahkan Di bidang2 lain juga telah terungkap

    LANJUTKAN

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031