Pemda Nisel Akan Beli Kerajinan Tangan Warga Desa Bawömataluo

Friday, May 13, 2011
By susuwongi

Bawömataluo, Nias Online – Pemerintah Daerah Nias Selatan (Nisel) akan membeli hasil kerajinan tangan masyarakat Desa Bawömataluo. Kemudian, kerajinan tangan itu akan dijual oleh Pemda Nisel melalui Dinas Perdagangan.

“Pemda akan membeli semua hasil kerajinan tangan di desa ini. Nanti, penjualannya oleh Pemda yang akan dikelola oleh Dinas Perdagangan,” ujar Wakil Bupati Nisel Hukuasa Ndruru usai membuka Pagelaran Budaya Bawömataluo 2011 di Desa Bawömataluo, Jum’at (13/5/2011).

Namun, dia tidak menjelaskan bagaimana teknis pelaksanaan program itu. Dengan program itu, dia berharap, akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga menghasilkan karya-karya berkualitas.

Bukan Solusi Utama

Sementara itu, Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö menyambut baik rencana Pemda Nisel tersebut. Namun, hal itu, kata dia, perlu diperjelas lagi teknisnya.

“Itu bukan solusi yang paling utama. Itu salah satu saja untuk menjembatani para pengrajin,” ujar Ariston.

Dia menjelaskan, bila hanya membeli saja, maka akhir persoalannya akan sama saja dengan saat ini. Cuma, persoalannya dipindahkan, dari masyarakat ke pemda.

Menurut dia, Pemda juga harus memenej mana yang produk andalan. Karena tidak mungkin bagi Pemda membeli produk apa saja. “Nanti kami akan memberikan masukan,” tukas dia.

Menurut dia, yang paling penting saat ini adalah bagaimana Pemda Nisel meningkatkan kunjungan wisatawan. Hal itu dapat dilakukan dengan tersedianya transportasi yang baik dan lancar serta infrastruktur jalan yang bagus. Meski mungkin tidak membeli barang sama sekali, dengan adanya wisatawan yang menginap, menyebabkan masuknya uang dan terjadi perputaran uang untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. (EN)

3 Responses to “Pemda Nisel Akan Beli Kerajinan Tangan Warga Desa Bawömataluo”

  1. 1
    LELA'ILO KHOGU Says:

    LUCU…PERNYATAAN PEMBDA NISEL YANG MENGATAKAN AKAN MEMBELI KERAJINAN TANGAN WARGA DESA BAWOMATALUO, ITU SOLUSI YANG TIDAK TEPAT. BERARTI PEMERINTAH DAERAH MAU KELOLAH SENDIRI PENGHASILAN WARGA DESA BAWOMATALUO ITU TIDAK BENAR LAGI, BETUL TANGGAPAN PAK KADES HARUS ADA PENJELASAN TEKNISNYA, HATI-HATI DENGAN JANJI PARA PIMPINAN DAERAH YANG INGIN MENAWARKAN SESUATU JANGAN-JANGAN ADA MAKSUD DIBALIK ITU YANG BISA MENGUNTUNGKAN SEPIHAK. KALAU KITA KAJI PETUAH YANG DIBERIKAN BUPATI LAMA YAITU 3S (SERIUS, SANTAI, SELESAI) PASTI ITU LAGI YANG AKAN TERJADI.

  2. 2
    natalius m,sarumaha Says:

    keinginan Pemda itu, bukan jalan keluar yang cerdas. namun yag perlu dilakukan adalah :
    1. pemberdayaan masyarakat lewwat kerajinan dan peran dinas terkait untuk pembinaan, peningktan kualitas hasil kerajinan
    2. pemda perlu membuat dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pameran ke luar dan tentunya perlu bersinergi dengan Kabpaten lainnya ang ada di pulau nias, serta koordinasi dengan propinsi
    3. memanfaatkan potensi yang ada dengan menINGKATKAN sektor pariwisata baik pariwisata : BUdaya, Alam, dan sosial
    semoga usulan ini sudh dilakukan oleh Pemda. terima kasih

  3. 3
    Novia RL Says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Industri Kreatif. Tulisan diatas juga dapat menambah informasi mengenai berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Industri Kreatif (Kerajinan) yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Industri Kreatif (Kerajinan)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031