Bawömataluo, Nias Online – Pemerintah Daerah Nias Selatan (Nisel) akan membeli hasil kerajinan tangan masyarakat Desa Bawömataluo. Kemudian, kerajinan tangan itu akan dijual oleh Pemda Nisel melalui Dinas Perdagangan.

“Pemda akan membeli semua hasil kerajinan tangan di desa ini. Nanti, penjualannya oleh Pemda yang akan dikelola oleh Dinas Perdagangan,” ujar Wakil Bupati Nisel Hukuasa Ndruru usai membuka Pagelaran Budaya Bawömataluo 2011 di Desa Bawömataluo, Jum’at (13/5/2011).

Namun, dia tidak menjelaskan bagaimana teknis pelaksanaan program itu. Dengan program itu, dia berharap, akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga menghasilkan karya-karya berkualitas.

Bukan Solusi Utama

Sementara itu, Kepala Desa Bawömataluo Ariston Manaö menyambut baik rencana Pemda Nisel tersebut. Namun, hal itu, kata dia, perlu diperjelas lagi teknisnya.

“Itu bukan solusi yang paling utama. Itu salah satu saja untuk menjembatani para pengrajin,” ujar Ariston.

Dia menjelaskan, bila hanya membeli saja, maka akhir persoalannya akan sama saja dengan saat ini. Cuma, persoalannya dipindahkan, dari masyarakat ke pemda.

Menurut dia, Pemda juga harus memenej mana yang produk andalan. Karena tidak mungkin bagi Pemda membeli produk apa saja. “Nanti kami akan memberikan masukan,” tukas dia.

Menurut dia, yang paling penting saat ini adalah bagaimana Pemda Nisel meningkatkan kunjungan wisatawan. Hal itu dapat dilakukan dengan tersedianya transportasi yang baik dan lancar serta infrastruktur jalan yang bagus. Meski mungkin tidak membeli barang sama sekali, dengan adanya wisatawan yang menginap, menyebabkan masuknya uang dan terjadi perputaran uang untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. (EN)

Facebook Comments