Pak Dalisökhi sebelum dioperasi

JAKARTA, Nias Online – Operasi pengangkatan gondok yang diderita Bapak Dalisökhi Gea di RS Atmajaya, Pluit, Jakarta, akhirnya tuntas. Pengoperasian yang membutuhkan waktu beberapa jam itu berhasil mengeluarkan gondok sebesar 5 kg yang selama ini menggelayut bahkan hingga pinggangnya.

“Operasinya sudah selesai tadi pagi. Beratnya 5 kg. bayangkan, memikul beban seperti itu selama sekitar 40 tahun. Dia sudah sadar, tapi masih lemas,” ujar Kepala Balai Pengobatan Santa Margaretha, Laverna, Gunungsitoli, Suster Klara Duha kepada Nias Online di Jakarta, Selasa (12/4/2011).

Suster Klara menjelaskan, pengoperasian membutuhkan beberapa dokter spesialis dan waktu agak lama. Sebab, ternyata Pak Dalisökhi tidak hanya menderita gondok, tapi juga tumor kelenjar. Karena itu juga, biaya operasi itu lebih mahal.

Suster Klara yang saat ini sudah berada di Gunungsitoli mengatakan, akan menjemput Pak Dalisökhi untuk dibawa ke Nias lagi setelah perayaan Paskah. Pak Dalisökhi, selanjutnya akan menjalani perawatan dan istrahat di Laverna. Di tempat itu, kata dia, Pak Dalisokhi bisa tinggal sampai enam bulan ke depan atau sampai kondisinya benar-benar pulih.

“Lebih baik dia di sini daripada di Jakarta, biayanya mahal. Di sini juga sudah ada perawat dan dokter yang mengawasi. Dia bisa tinggal di Laverna sampai pulih. Kita kerja tidak setengah-setengah, sampai beres,” jelas dia.

Meski belum bisa merinci besar biaya yang dibutuhkan, dia memastikan biaya operasi itu cukup banyak. Selain itu, saat yang sama, pihaknya juga membutuhkan banyak dana untuk pengoperasian Yarni Halawa dan Manila Waruwu yang menderita kelainan pada kantong kemih. Yarni dan Manila masing-masing membutuhkan lebih dari Rp 100 juta karena harus menjalani sampai tiga kali operasi.

Bila Anda tergerak untuk membantu, bantuan dapat disalurkan melalui rekening Bank Danamon Gunungsitoli no. 00094848207 atas nama Klara OSF Izanulu Duha atau Yulita S, Sr atau melalui Bank BCA KCU Medan no. 0222015969 atas nama Sr Klara OSF Izanulu Duha. Suster Klara juga bisa dihubungi di 081361459779. (EN)

Facebook Comments