JAKARTA, Nias Online – Bapak Dalisökhi Gea, penderita tumor/gondok pada lehernya saat ini sudah berada di Rumah Sakit Atmajaya Jakarta. Bapak Dalisökhi tiba di Jakarta di antar oleh Suster Klara Duha. Pengoperasiannya akan ditangani oleh lima dokter spesialis dari RS Atmajaya.

“Kami tiba di Jakarta kemarin sore pukul 16.00 wib. Cuma, Bapak Dalisökhi belum bisa dioperasi karena HB-nya rendah. Saat ini dia sedang ditransfusi daerah dan sudah masuk dua kantong darah. Kalau HB-nya sudah normal, baru dioperasi. Lima dokter sudah siap mengoperasinya,” ujar Suster Klara kepada Nias Online di Jakarta, Kamis (7/4/2011).

Selain Bapak Dalisökhi, Suster Klara juga membawa pasien baru yang mengalami masalah pada kantong kemih, Manila Waruwu. Sebelumnya, pasien dengan masalah serupa, Yarni Halawa sudah dioperasi di RS itu. Sampai saat ini masih dirawat di sana dan akan menjalani operasi lanjutan yang diperkirakan sampai tiga kali.

Butuh Ratusan Juta

Terkait biaya operasi dan perawatan ketiga pasien itu, Suster Klara mengungkapkan, menghabiskan dana ratusan juta rupiah. Saat ini, dana yang dimiliki sangat terbatas. Bahkan dari beberapa pihak yang berkomitmen membantu, khususnya terkait penyakit Bapak Dalisökhi, baru satu pihak yang telah merealisasikannya. “Sampai saat ini, baru donasi dari Redaksi Nias Online yang kami terima. Kami sangat membutuhkan dukungan saudara-saudara kita yang lain,” kata dia.

Dia menjelaskan, biaya operasi dan perawatan ketiga pasien itu, akan mencapai ratusan juta. Menurut dia, tidak akan kurang dari Rp 250 juta. Sebab, khususnya dua pasien yang mengalami masalah pada saluran kemih, akan menjalani operasi beberapa kali, bahkan sampai tiga kali.

Suster Klara mengatakan, pihaknya juga terus mengusahakan mencari bantuan. Tapi, dia juga mengakui kemampuannya terbatas kalau sendirian.

“Kami tidak mengharapkan terlalu besar. Rp 50 ribu saja sudah bisa membantu. Tidak harus jutaan. Dari yang kecil-kecillah. Kalau ada hati untuk membantu, walau jumlahnya kecil, nilainya akan sangat besar bagi kami, bagi yang membutuhkan,” jelas dia.

Bila Anda tergerak untuk membantu, bantuan dapat disalurkan melalui rekening Bank Danamon Gunungsitoli no. 00094848207 atas nama Klara OSF Izanulu Duha atau Yulita S, Sr atau melalui Bank BCA KCU Medan no. 0222015969 atas nama Sr Klara OSF Izanulu Duha. Suster Klara juga bisa dihubungi di 081361459779. (EN)

Facebook Comments