JAKARTA, Nias Online – Setelah tertunda sekitar 2 minggu, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Nias Selatan (Nisel) akhirnya mendapatkan kepastian. Pihak yang akan dilantik mengungkapkan, pelantikan akan dilaksanakan pada Selasa (12 April 2011).

“Pelantikan akan dilaksanakan pada 12 April 2011,” ungkap Bupati Terpilih Nisel Idealisman Dachi kepada Nias Online di Jakarta, Senin (4/4/2011).

Ditanya apakah pelantikan dirinya dan pasangannya Hukuasa Ndruru tidak tergantung dengan pelantikan kepala daerah lainnya di Pulau Nias. Pelantikan itu sendiri akan dilaksanakan di Teluk Dalam, ibukota Kabupaten Nisel.

Dihubungi terpisah, anggota KPUD Nisel Deskarnial Zagötö mengungkapkan, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan resmi soal pelantikan itu. Namun, berdasarkan informasi sementara, tidak akan melewati tanggal 12 April 2011.

Dia juga menambahkan, informasi dari Idealisman itu kemungkinan besar akurat. Sebab, pasangan terpilih itu, hari ini datang langsung ke kantor Gubernur Sumatera Utara. Mereka datang ke sana bersama dengan Ketua dan sejumlah anggota DPRD Nisel.

Sesuai tahapan, seharusnya pelantikan bupati definitif Nisel dilaksanakan pada 28 Maret 2011. Namun, pelantikan itu ditunda tanpa alasan yang jelas. Beberapa alasan yang beredar adalah rencana pelantikan bersamaan dengan beberapa kepala daerah terpilih di daerah lainnya di Pulau Nias.

Alasan lainnya, karena Mendagri belum menandatangani SK bupati dan wakil bupati terpilih karena Mendagri sedang umroh. Namun, anggota Komisi II DPR RI dari daerah pemilihan Pulau Nias menyebutkan, keterlambatan itu terjadi karena lambatnya pihak kantor Gubsu mengajukan SK itu ke Mendagri. (EN)

Facebook Comments