Bola.net – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara, merencanakan akan kembali menggelar kejuaraan selancar internasional di Pantai Sorake, Juni 2011.

“Even internasional itu diikuti para atlet peselancar dunia yang berasal dari Amerika, Australia, Kanada, Jepang dan berbagai negara lainnya,” kata staf penjaga pameran Kabupaten Nisel, Fonono Saro Maru’ao di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Medan, Kamis.

Diadakannya kegiatan bergengsi itu, menurutnya sekaligus mempromosikan daerah tersebut dan untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Nisel. Sehingga akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi daerah Nisel, baik itu penginapan berupa hotel, para pedagang dan masyarakat setempat.

“Kejuaraan selancar itu, selama ini merupakan kalender tahunan bagi daerah tersebut,” kata Fonono yang juga panitia kejuaraan surfing.

Pelaksanaan kejuaraan selancar tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Juni mendatang, setelah lebih dulu diadakan survei oleh pihak panitia kejuaraan tersebut. Sebab, dalam kejuaraan selancar internasional itu, ketinggian ombak sangat menentukan.

“Ombaknya harus tinggi, sehingga para peselancar tersebut dapat berlomba dengan baik dan menghadapi berbagai tantangan di lautan lepas,” katanya.

Pantai Sorake berada sekitar 12 kilometer dari Telukdalam Ibu Kota Kabupaten Nisel. Lokasi ini sangat dikenal sebagai salah satu tempat selancar terbaik di dunia setelah Hawai. “Para peselancar akan datang ke Pantai Sorake untuk menguji ketangkasan mereka bermain di atas ombak yang datang dari Samudera Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan, sejak tahun 1993 hampir setiap tahunnya Sorake dijadikan ajang kontes selancar yang diikuti atlet mancanegara dan nasional dari Bali, Nisel dan daerah lainnya. Selain Pantai Sorake Kabupaten Nias Selatan, juga memiliki lokasi selancar dan berjemur yang lain seperti Pantai Lagundri, Hilisataro dan Walo Hiu. (ant/fjr)

Sumber: Bola.net.

Facebook Comments