Dua Siswi SMK Bhakti Luhur Nias Selatan Lulus Uji Kompetensi Akuntansi

Wednesday, March 9, 2011
By susuwongi

Nias Selatan, (Analisa) – Dua siswi SMK Bhakti Luhur Nias Selatan lulus uji kompetensi akuntansi /ujian praktek kejuruan di yang digelar di SMK Bhakti Luhur Nias Selatan tahun pelajaran 2010/2011 28 Februari-1 Maret 2011 yang bermitra dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknisi Akuntansi Lembaga Pendidikan Profesional Bisnis Indonesia (LP2BI) Medan.

Demikian disampaikan Penguji eksternal (Asesor) Dra. Rivolan Priyanti Ph., M.Pd kepada wartawan, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, 19 siswa yang ikut ujian, dua siswi yang lulus yakni Reminis Cere Hia dan Yustina Daeli sudah dinyatakan kompeten dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Bond’09 Jakarta, sedangkan lainnya ikut remedial. Sedangkan secara bersama dilaksanakan remedial bagi siswa yang belum kompeten saat Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi LSK Bond’09 14 November 2010 lalu.

Dia mengaku keberhasilan dua siswi nias merupakan prestasi yang luar biasa karena selama ini belum banyak yang peduli terhadap LSK padahal ke depan setiap perusahaan akan menerima teknisi akuntansi dengan syarat memiliki sertifikat.

“Siswi yang lulus dari SMK Bhakti Luhur menandakan sekolah begitu peduli bahkan kepala sekolah dan yayasan memberi dukungan kepada anak-anak harus memiliki sertifikati dari Jakarta.

Guru dan kepala sekolah juga sangat support untuk memodali anak-anaknya dengan pengetahuan supaya mudah lulus. Mereka akan bangga jika anak-anak didiknya memiliki sertifikat dari Jakarta,” kata Rivolan.

Rivolan menjelaskan, sebenarnya siapapun berhak untuk disertifikasi kompetensinya agar mendapat pengakuan dari lembaga sertifikasi kompetensi dari Jakarta.

Memang, lanjutnya manfaatkan untuk sekarang belum nampak, kini masih terus dilakukan sosialisasi karena sejak ditetapkan UU Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, setiap guru termasuk guru akuntansi harus memiliki sertifikat kompetensi.

Dalam ujian kompetensi tersebut soal langsung dari Jakarta, di antarnaya mengelolah jurnal, mengelolah administrasi buku besar dan siklus, sedangkan SMK Bhakti Luhur ditargetkan menjadi tempat uji kompetensi (TUK) binaan LP2BI.

“Harapan saya, di masing-masing kabupaten kota minimal ada satu tuk sebagai binaan LP2BI. Saat ini yang baru setuju kabupaten Labuhan Batu di SMK Siti Banun, Kabupaten Nias di SMK Bhakti Luhur, dan Binjai di SMK Tunas Pelita,”ujar Rivolan.

Dia menambahkan saat ini masih diperlukan banyak penguji untuk di Sumatera Utara.

Kompetensi Keahlian Pemasaran

Selain itu, juga dilaksanakan uji kompetensi keahlian pemasaran bekerja sama dengan CV Al Haqy Semarang Jawa Tengah dengan penguji eksternal Dra. Erni Mulatsih, M.Pd. peserta ujian sebanyak 19 siswa.

Sementara Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik bekerja sama dengan Aekbolon Electronics Medan dengan penguji eksternal A. Hendra, Amd. peserta ujian sebanyak 16 siswa.

Sementara Kepala SMK Bhakti Luhur, Nias Selatan, Yacobus Suri SAg mengatakan ujian berjalan lancar meskipun siswa harus banyak persiapan untuk ujian karena mitra dunia usaha dan dunia industri diambil dari luar Nias dengan harapan dapat memberikan pengalaman dan kompetensi yang lebih baik dengan standar provinsi dan Nasional.

“Saya berharap di tahun-tahun mendatang dapat dilaksankan uji kompetensi lebih baik lagi dengan dunia usaha dan dunia industri yang sama mengingat dengan ketiga lembaga tersebut sekolah sudah menjalin kerja sama (MoU) dalam hal peningkatan kualitas pendidikan, program-program yang mendukung perbaikan pendidikan dan kewirausahaan di sekolah,” katanya.

Dia menargetkan untuk program keahlian Akuntansi tahun 2011 ini bisa menjadi TUK Teknisi Akuntansi LSK Bond’09 sebagai TUK binaan LP2BI Medan untuk Nias Selatan dan sekitarnya.

Selain itu direncanakan pelaksanaan Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi LSK Bond’09 yang akan datang di Juni 2011 dengan target peserta tidak hanya dari SMK Bhakti Luhur tetapi dari berbagai lembaga pendidikan dan masyarakat di Nias Selatan. (maf)

Sumber: analisadaily.com

2 Responses to “Dua Siswi SMK Bhakti Luhur Nias Selatan Lulus Uji Kompetensi Akuntansi”

  1. 1
    Fondara Dodo Says:

    ok, go on ………. we are proud to have a friend who excel, we pray that the next child the more glorious Nias, amen

  2. 2
    stefanus ndruru Says:

    marilah kt mewujudkan citra nisel ini.. krn kt adalah generasi anak daerah….. nisel bisa……………………………….

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031