Gunungsitoli, Nias Online – Dalisökhi Gea, seorang pria berusia 61 tahun asal Nias telah menderita tumor di bagian dagu dan lehernya selama sekitar 30 tahun. Kini, setelah sekian lama tanpa pengobatan, tumor itu menyembul dan menggelayut dari dagu hingga sejajar dengan pinggangnya, sepanjang sekitar 40 cm dengan berat sekitar 5 kg.

Memang suatu hal yang ganjil, karena sampai berpuluh tahun, tidak ada satupun jalan keluar yang bisa membantunya. Bahkan, meski beberapa tahun lalu, pemerintah menggelontorkan triliunan rupiah dana untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Pulau Nias pasca gempa, yang salah satunya mencakup biaya kesehatan, ternyata Dalisökhi tidak mendapatkan pertolongan sama sekali.

Ditemui di Gunungsitoli pada 26 Februari 2011, Dalisökhi mengungkapkan kerinduannya untuk mendapatkan pertolongan berupa operasi. Dia sangat membutuhkan uluran tangan mengingat dia sendiri saat ini hidup sebatang kara dan tidak memiliki kemampuan membiayai pengobatannya. Saat ini saja, di desanya Fadoro Hilimböwö, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Dalisökhi tinggal di rumah warga yang bersedia memberikan tumpangan dan makanan sekedarnya.

Meski menderita dengan tumor itu, Dalisökhi tidak mau mengeluh dan pasrah. Di temani oleh salah seorang keluarganya, mereka menempuh perjalanan sekitar 2 jam menuju kota Gununsitoli untuk mencari pertolongan. Di usianya yang ke-61 tahun, sambil memapah daging tumornya, Dalisökhi menyusuri setiap jalan, gang dan rumah warga untuk mendapatkan uluran tangan, berupa bantuan uang. Berharap uang yang terkumpul tersebut dapat digunakan untuk biaya operasi.

Uang yang diperolehnya dari upaya tersebut sangat terbatas. Bahkan, masih jauh dari kebutuhan. Dalisökhi tetap membutuhkan uluran tangan untuk mendapatkan penanganan medis yang memadai.

Mungkin di antara Anda yang membaca tulisan ini, ada yang tergerak untuk membantu. Saat ini, redaksi Nias Online sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak di Gunungsitoli untuk membantu memfasilitasi bila ada bantuan kepada yang bersangkutan. Sambil menunggu hal itu, pengunjung Nias Online yang tergerak hatinya untuk membantu, bisa menghubungi Redaksi melalui email: nias.online@gmail.com dan / atau nomor 081398048912. ” (EN/OH)

Facebook Comments