Dalisökhi Gea Membutuhkan Uluran Tangan Anda

Tuesday, March 1, 2011
By Redaksi

Gunungsitoli, Nias Online – Dalisökhi Gea, seorang pria berusia 61 tahun asal Nias telah menderita tumor di bagian dagu dan lehernya selama sekitar 30 tahun. Kini, setelah sekian lama tanpa pengobatan, tumor itu menyembul dan menggelayut dari dagu hingga sejajar dengan pinggangnya, sepanjang sekitar 40 cm dengan berat sekitar 5 kg.

Memang suatu hal yang ganjil, karena sampai berpuluh tahun, tidak ada satupun jalan keluar yang bisa membantunya. Bahkan, meski beberapa tahun lalu, pemerintah menggelontorkan triliunan rupiah dana untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Pulau Nias pasca gempa, yang salah satunya mencakup biaya kesehatan, ternyata Dalisökhi tidak mendapatkan pertolongan sama sekali.

Ditemui di Gunungsitoli pada 26 Februari 2011, Dalisökhi mengungkapkan kerinduannya untuk mendapatkan pertolongan berupa operasi. Dia sangat membutuhkan uluran tangan mengingat dia sendiri saat ini hidup sebatang kara dan tidak memiliki kemampuan membiayai pengobatannya. Saat ini saja, di desanya Fadoro Hilimböwö, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Dalisökhi tinggal di rumah warga yang bersedia memberikan tumpangan dan makanan sekedarnya.

Meski menderita dengan tumor itu, Dalisökhi tidak mau mengeluh dan pasrah. Di temani oleh salah seorang keluarganya, mereka menempuh perjalanan sekitar 2 jam menuju kota Gununsitoli untuk mencari pertolongan. Di usianya yang ke-61 tahun, sambil memapah daging tumornya, Dalisökhi menyusuri setiap jalan, gang dan rumah warga untuk mendapatkan uluran tangan, berupa bantuan uang. Berharap uang yang terkumpul tersebut dapat digunakan untuk biaya operasi.

Uang yang diperolehnya dari upaya tersebut sangat terbatas. Bahkan, masih jauh dari kebutuhan. Dalisökhi tetap membutuhkan uluran tangan untuk mendapatkan penanganan medis yang memadai.

Mungkin di antara Anda yang membaca tulisan ini, ada yang tergerak untuk membantu. Saat ini, redaksi Nias Online sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak di Gunungsitoli untuk membantu memfasilitasi bila ada bantuan kepada yang bersangkutan. Sambil menunggu hal itu, pengunjung Nias Online yang tergerak hatinya untuk membantu, bisa menghubungi Redaksi melalui email: nias.online@gmail.com dan / atau nomor 081398048912. ” (EN/OH)

8 Responses to “Dalisökhi Gea Membutuhkan Uluran Tangan Anda”

  1. 1
    Ono Niha Says:

    Bisakah HIMNI memfasilitasi penggalangan dana buat biaya operasi Bpk. Dalisochi ini?

  2. 2
    waris wau Says:

    Kalau yang begini maaaah….,lebih2 yang sifatnya sosial pastilah bisa.HIMNI lah yang terdepan.jangkauan yang lebih tinggi dan luas aja bisa.contohnya:dalam mengusung kandindat walikota GUSIT,sukses koq…he.he…y!
    resp.1 sdra ku 0no niha.kita setujui ya…supaya HIMNI menjadi motor sekaligus memfasilitasi keluhan saudara kita”DALISOKHI GEA”
    masyarakat berharap…SEMOGA….!!!!!
    yaahowu..

  3. 3
    sanalui Says:

    Dear Ononiha dan Waris Wau,

    Harapan terhadap peran HIMNI itu sebenarnya tidak berlebihan. Tapi, dengan asumsi, mereka sendiri responsif terhadap hal-hal seperti itu. Pengalaman selama ini, mereka responsif kalau itu menyangkut hal-hal yang berdampak signifikan pada kepopuleran mereka. Apalagi mendekati masa-masa suksesi, termasuk suksesi politik.

    Akhirnya, saya pikir, daripada kita menghabiskan enegeri menebak-nebak respons HIMNI, sebaiknya, apa yang kita bisa berikan membantu Pak Dalisokhi, mengingat kebutuhannya mendesak, lebih baik kita fokus di situ saja.

    Saya pikir, redaksi Nias Online, sudah mengambil bagiannya dengan memublikasikan dan juga memfasilitasi informasi bantuan. Mari kita lakukan bagian kita.

    Tks

    Sanalui

  4. 4
    Same era-era Says:

    Buat Nias Online, tolong dibuka rekening DOMPET PEDULI DALISOKHI GEA. Supaya kita yang peduli bisa membantu ala kadarnya.

    Thanks

    NB: Saudara2, jangan hanya pandai berkomentar. Tunjukkan kepeduliannmu.

  5. 5
    hikmat salomo Says:

    Menurut saya kita jangan terlalu berkomentar, ini beda dengan artikel2 lain yang mengundang komentator.
    Yang dibutuhkan sekarang itu adalah Action. Kita seperti NATO (No Action Talk Only).
    Kemudian kita tidak perlu terlalu meimpahkan penanggulangan kesehatan pak Gea ini ke HIMNI atau lembaga lain. Sebagai umat beragama kita memili tanggungjawab untuk menolong sesama.
    Saran saya Nias Online fasilitasi saja, dengan membuka Rekening di bank, kayak DOMPET PEDULI SESAMA.
    Biar kita2 ini bisa kita bantu sesuai dengan kemampuan dan ketulusan kita. Dan lebih lagi mendukungnya dalam doa.

  6. 6
    Ononiha Raya Says:

    Ya’ahowu

    Saya prihatin dengan keadaan Bapak Dalisökhi Gea dan salut kepada Nias Online dengan memberitakan ini….. Saya mendukung saran SDR SAME ERA-ERA dan SDR. HIKMAT SALOMO agar Nias Online membuka rekening “DOMPET PEDULI SESAMA NIAS ONLINE”

    Nantinya rekening tersebut dapat disebarkan kepada sesama ONO NIHA se Tanah Air agar menyumbang untuk membantu saudara/saudari kita yang butuh pertolongan.

    Saya siap untuk menyumbang kerekening tersebut jika telah dibuka.

    Terima kasih……

  7. 7
    para dermawan Says:

    Mohon dilampirkan no rekening nya ya, saya rasa sekecil apapun bantuan kita, buat bapak dali gea sangat berarti,
    tolong jangan dibawa-bawa himni brengsek dalam aksi sosial ini karena mereka hanya mau kalau ada keuntungan… terima kasih

  8. 8
    Redaksi Says:

    Para pengunjung Nias Online yang bersimpati kepada Bapak Dalisökhi Gea. Terima kasih atas simpati, kepedulian dan niat Anda untuk mau membantu.

    Tim Redaksi Nias Online sedang mempertimbangkan berbagai usulan. Keterbatasan kami dalam segala hal membuat kami tidak begitu saja membuat keputusan membuka “Dompet Peduli” seperti yang diusulkan beberapa pengunjung. Ini menyangkut adiministrasi, koordinasi dan penyaluran ke pihak yang membutuhkan.

    Hari Senin depan, Tim Redaksi akan memberikan keputusan akan hal ini.

    Bagi pengunjung yang tergerak hatinya, silahkan saja menghubungi kami melalui: Nias.Online@gmail.com atau pada nomor HP yang ada di akhir berita dan menyampaikan usulan atau bahkan ancang-ancang “bentuk” kepedulian. Sambutan yang diterima Redaksi dari pengunjung akan berpengaruhi kepada keputusan kami pada hari Senin depan.

    Semoga berita yang kami tayangkan ini mengetuk pintu hati para pengunjung NO untuk peduli, berniat dan sekaligus merealisasikan niatnya secara nyata.

    Kami berharap juga kita tetap menghargai dan mendukung kehadiran berbagai organisasi kemasyarakatan Nias yang ada.

    Terima kasih atas kepedulian Anda semua.

    Salam,

    Redaksi

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031