Pemohon Menduga KPU Kab. Nias Utara Sengaja Tidak Cantumkan Tanggal Keputusan

Friday, February 25, 2011
By susuwongi

Jakarta, MKOnline – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah Kab. Nias Utara, Rabu (23/2). Sidang yang diketuai Hakim Panel Achmad Sodiki beragendakan Pemeriksaan Pendahuluan. Dalam keterangan yang disampikan oleh Pemohon di hadapan Panel Hakim terungkap dugaan kesengajaan KPU Kab. Nias Utara tidak mencamtumkan tanggal putusan untuk mengelabuhi Pemohon.

Pemohon dalam perkara ini adalah Pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten Nias, yaitu Darius Baeha-Desman Telaumbanua (No. Urut 3) dan Edison Hulu-Marselinus Ingati Nazana (No. Urut 2). Sedangkan Pihak Termohon, yaitu KPU Kabupaten Nias Utara. Susunan persidangan diketuai oleh Achmad Sodiki yang didampingi dua anggota panel hakim, Ahmad Fadlil Sumadi dan Maria Farida Indrati.

Pihak yang hadir pada persidangan kali itu, antara lain Kuasa Hukum Pemohon; Itamari Lase dan Johanes Makole. Dari Pihak Termohon yang hadir, yaitu Imanuel Zebua (Ketua KPUD Kab. Nias Utara), Otorius Harefa (Anggota KPUD Kab. Nias Utara), Hogulala Gia (Anggota KPUD Kab. Nias Utara), Agustinus Hulu (Anggota KPUD Kab. Nias Utara), dan Tugas Duha (Anggota KPUD Kab. Nias Utara). Pihak Pemohon juga didampingin kuasa hukumnya yang juga hadir pada persidangan tersebut, yaitu Aksioma Lase, Novilia Sirait, dan Binsar Nababan. Pihak Terkait, pasangan calon nomor Urut 4, diwakili oleh kuasa hukumnya, yaitu Amalia Lase dan Yosua Lase.

Kuasa Hukum Pemohon, Itamari Lase saat menyampaikan pokok permohonannya mengungkapkan adanya kecurigaan soal tanggal keputusan KPU. Bahwa Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Utara, Nomor 03/Kpts /KPU-NU/2011 pada angka 8 diduga dengan sengaja tidak mencantumkan tanggal keputusan tersebut, melainkan hanya menyebutkan Keputusan KPU Kabupaten Nias Utara Nomor 02/Kpts/KPU-K.NU/2011 tentang Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2011.

“Dapatlah diduga bahwa tindakan tersebut adalah untuk mengelabui para Pemohon dalam melakukan upaya hukum atas keputusan KPU Kabupaten Nias Utara dimaksud. Bahwa ternyata pula Pemohon barulah mengetahui adanya keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Utara Nomor 02 Tahun 2011 tersebut pada tanggal 16 Februari 2011,” jelas Itamari.

Hakim Anggota Maria Farida Indrati memberikan masukan kepada Pemohon agar benar-benar mampu membuktikan KPU telah sengaja tidak melengkapi tanggal keputusannya terhadap hasil perhitungan suara. “Anda perlu membuktikan kesaksian dari yang Anda ajukan yang betul-betul bisa membuktikan bahwa itu terjadi dan itu betul-betul dilakukan oleh Pihak Termohon. Kalau memang Anda tidak bisa membuktikan bahwa kekeliruan itu memang disengaja oleh KPU kabupaten, maka terlalu lama dan mahal nanti Anda bersidang di sini tapi kemudian jangka waktu itu sudah terlewati. Coba dipikirkan kembali ini,” saran Maria. (Yusti Nurul Agustin/mh)

Sumber: MKOnline

Tags: ,

6 Responses to “Pemohon Menduga KPU Kab. Nias Utara Sengaja Tidak Cantumkan Tanggal Keputusan”

  1. 1
    hikmat salomo Says:

    Gugatan sengketa terhadap penyelenggaraan pilkada Nias Utara, adalah hal yang wajar dan sepertinya materi gugatannya masih kalah dengan ragam dan rumitnya gugatan pilkada Nias Selatan Januari yang lalu. Walaupun demikian ada beberapa hal yang menurut saya sedikit mengalami kemiripan, di antaranya:
    1. Materi gugatan masih mengarah pada proses penyelenggaraan. Kesalahan yang terjadi berhubungan dengan penyelenggara (KPUD Nias Utara). BUKAN pasangan CALON PEMENANG.
    2. Gugatannya SULIT DIBUKTIKAN secara hukum. Sifatnya hanya sebatas INTERPRETASI saja, apalagi bila dilihat dengan KACAMATA KEKALAHAN. Tentunya kental dengan kekesalan dan tidaka mau kalah.
    3. Issu yang menyatakan tentang masalah IJAZAH GATE pak Edwar Zega calon Bupati Nias Utara sang pemenang, saya kira itu sudah KADALUWARSA. Itu seharusnya pada tahap pelaksanaan verifikasi oleh KPUD dan Panwas (lihat di Nisel ijazah Gate Fahuwusa Laia, langsung dicoret namanya dari calon Bupati), bukan sekarang sudah selesai pilkada, dan pleno KPUD Nias Utara.

    Jadi saran saya, bagi yang kalah mari bersatu dengan yang menang saja, karena kemenangan pilkada itu bukan pasangan ENONI saja, tetapi KEMENANGAN SELURUH MASYARAKAT NIAS UTARA.
    Mari kita satukan barisan kita, satu tujuan dan visi, misi bangun Nias Utara yang sejahtera dan maju….

    Hikmat Salomo BD
    Nias Selatan

  2. 2
    OSARANI GEA, SH, MH. Says:

    Saya sependapat dengan pendapat sdr hikmat salomo diatas inikan hanya menghabiskan energi, kasian masyarakat ini, mereka menunggu dengan pilihan pilkada ini,saran saya dalam kemenangan ini Das seinnya kita mendukung pilihan masyarakat, das solennya kita segera merapatkan barisan untuk membangun nias utara, sudalah substansi gugatan sudah kadaluarsa apalagilah rasanya tdk ada lagi yan perlu dipersoalkan malu lah ketidak cakapan kita jadi kelihatan, mengapa kita tidak segera berdiri ayo panndangan saya tidak ada yang sangat luar biasa dengan dasar gugatan di MK itu.
    Orang nias tidak maju klu yang tidak masuk akal disengketakan sampai di MK, apalagi praduga yang tdk berdasarkan fakta, boi taoroma o wahada safusi baniha, pemenang pasangan Enoni tdk mungkin seperti itu justru banyak orang belum mengetahui latar belakangnya sdh banyak makan asam garam keliling Eropa orang ini terbaik lihat saja nanti klu sdh dilantik anda tdk kecewa begitu juga masyarakat

  3. 3
    Idram Tanjung,SH Says:

    Saya sependapat juga dengan pak salomo sekarang yang penting kita sama sama berjuang bagaimana caranya nias utara lebih maju dari daerah lain saya sebagai Putra Nias Utara yang diperantauan terus memonitor perkembangan Nias Utara dalam segala aspek semoga Nias Utaraku tetap jaya diantara daerah Lain terutama Di Pulau Nias

  4. 4
    E. Harefa Says:

    Saya memiliki rekaman pidato panwaslu pada tanggal 7 yang menyatakan bahwa penetapan hasil pilkada nias utara adalah besok, tanggal 8 Februari 2011. Bagi yang berminat boleh menghubungi saya, gratis. 082165127111

  5. 5
    Kurniawan Telaumbanua Says:

    Drama gugatan pilkada kabupaten nias utara akan ditentukan hari ini oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada pukul 16.00 WIB. Namun sebelum putusan tersebut kita terima, saya coba mengajak kita untuk memprediksi apa yang akan diputuskan oleh MK.

    PIHAK-PIHAK YANG BERSENGKETA :
    I. Penggugat / Pemohon : pasangan nomor 2 (Edison Hulu dan Ingati Nazara) beserta Pasangan nomor 3 (Darius Baeha dan Desman Telaumbanua)

    II. Yang digugat / Termohon : KPUD Kabupaten Nias Utara

    III. Yang Terkait : Pasangan nomor 4 (Edward Zega dan Fangato Lase)

    MATERI GUGATAN :

    Permohonan pembatalan keputusan KPU Kabupaten Nias Utara Nomor 03/Kpts/KPU-K.NU/2011 tentang Penetapan dan Pengumuman calon terpilih kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten nias utara tahun 2011.

    ALASAN PEMOHON :
    1. Pemohon terlambat menerima keputusan KPUD Kab. Nias Utara nomor : 02/Kpts/KPU-K.NU/2011 tentang Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2011. (Pemohon baru menerima putusan pada tgl 16 Februari 2011)

    2. Telah terjadi pelanggaran dalam proses pemilukada di kabupaten nias utara secara terstruktur, sitematis dan masiv. (di kecamatan Afulu, Alasa, Alasa Talumuzoi, Lahewa, Lahewa Timur, Lotu, Namohalu, Sawo, Situlo Ori, Tugala Oyo dan Tuhemberua)

    3. Nama orang tua dan tempat kelahiran Edward Zega di Ijazah SMP tidak valid (antara fotocopy ijazah dan surat keterangan pengganti ijazah).

    4. Adanya kesalahan dalam penulisan nama pemohon di lembaran model C1-KWK.KPU, yakni tertulis Drs. H. Maslin Pulungan, seharusnya M. Ingati Nazara.

    TANGGAPAN SAYA :
    1. Seluruh susunan kegiatan (jadwal) pemilukada kabupaten nias utara, mulai dari proses pendaftaran, verifikasi data, penetapan nomor pasangan, masa kampanye, hari pemilihan kepala daerah, rekapitulasi suara di TPS, rekapitulasi C-1 di PPK, rapat pleno rekapitulasi di KPU sampai ke rapat penetapan calon terpilih telah diserahkan oleh KPUD Kab. Nias Utara ke masing-masing pasangan calon jauh hari sebelum masa kampanye.

    2. Pada saat Pleno KPUD Kab. Nias Utara pada tanggal 7 Februari 2011 tentang Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Utara Tahun 2011 telah dihadiri saksi dan Team Pemenangan masing-masing calon, termasuk undangan seperti ketua DPRD, Pj. Bupati, Kapolres Kab. Nias dan Tokoh-Tokoh masyarakat. (Bisa dibuktikan melalui daftar hadir yang di edarkan oleh KPUD).

    3. Berita Acara hasil rekapitulasi Penghitungan Suara tersebut telah ditanda tangani pada saat itu juga oleh ketua dan anggota KPUD kab. nias utara serta pihak lain seperti Kapolres Kab. Nias dan Saksi.

    4. Berita Acara hasil rekapitulasi Penghitungan Suara (keputusan KPUD Kab. Nias Utara nomor : 02/Kpts/KPU-K.NU/2011) tersebut telah diserahkan langsung pada saat itu ke saksi masing-masing pasangan calon oleh ketua KPUD Kab. Nias utara yang disaksikan oleh seluruh pengunjung. (diterima oleh Rozaman Lase dari pasangan nomor urut 2 dan Kurniawan Telaumbanua dari pasangan nomor urut 4). . . . . bisa dibuktikan dalam rekaman video dan foto

    5. Maka terlalu luculah rasanya kalau pihak penggugat mengatakan terlambat menerima putusan KPUD Kab. Nias Utara nomor : 02/Kpts/KPU-K.NU/2011 tersebut. (baru menerima pada tgl 16 Februari 2011, tapi sudah menggugat pada tgl 11 Februari 2011)

    6. Bila kita coba analisa jumlah perolehan suara per TPS, maka pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masiv di kabupaten nias utara, sepertinya jauh panggang dari api. Kenapa . . . ?
    Kebanyakan di berbagai desa, pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak per TPS, sangatlah bervariasi. (sangat jarang pasangan calon yang meraih suara terbanyak di seluruh TPS dalam satu desa).

    7. Beberapa minggu sebelum Pilkada, sebenarnya pihak-pihak terkait seperti KPUD, Panwaslu dan oknum-oknum yang mengatasnamakan dari pihak kepolisian telah memverifikasi kebenaran ijazah Edward Zega ke sekolah yang bersangkutan. (termasuk dokumen-dokumen yang berhubungan, dan pihak sekolah telah membuktikan bahwa benar edward zega pernah lulus di sekolah yang bersangkutan).

    8. Tentang kesalahan penulisan nama di lembaran C-1, pihak KPUD nias utara, telah memperbaikinya pada tanggal 31 Januari 2011, diiringi oleh surat edaran dari KPUD ke masing-masing KPPS. (apalagi lembaran model C-1 tersebut hanyalah lembaran hasil rekapitulasi perolehan suara di TPS / bukan lembaran pemilihan. Dalam arti kata, seandainya ada kesalahan di lembaran model C-1 yang belum sempat diperbaiki, maka itu pun tidak sampai mempengaruhi jumlah perolehan suara).

    9. Dalam pasal 1 huruf 8 Peraturan Mahkamah Konstitusi tentang Pedoman beracara dalam perselisihan hasil pemilihan umum kepala daerah, menetapkan bahwa “Permohonan adalah pengajuan keberatan terhadap penetapan hasil penghitungan suara Pemilukada”.

    10. Dalam pasal 5 Peraturan Mahkamah Konstitusi tentang Pedoman beracara dalam perselisihan hasil pemilihan umum kepala daerah, menetapkan bahwa :
    “Permohonan pembatalan penetapan hasil penghitungan suara Pemilukada
    diajukan ke Mahkamah paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah Termohon
    menetapkan hasil penghitungan suara Pemilukada di daerah yang bersangkutan”.

  6. 6
    Jennie Rafdiani Says:

    mudah untuk berkata bahwa kemurnian pasangan enoni murni dan wajar.
    tapi kalau anda orang yg ada di lapangan saat pemilu berlangsung, anda bisa melihat kecurangan yg memalukan dari pihak pemenang.
    dan terbukti, mereka itu tidak punya niat untuk membangun daerah. hanya mengeruk uang saja, memperkaya diri, ngumpulin harta buat anak cucu.
    apa yg sudah mereka perbuat untuk nias utara? tidak ada. hasil kerja mereka NOL BESAR.
    mereka bahkan sama sekali tidak mau bertanggungjawab untuk membiayai anak anak Nias utara yg katanya “disekolahkan” oleh pemerintah daerah.
    PENIPU !!!
    sama sekali tidak pantas menjadi pemimpin!

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2011
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28