JAKARTA, Nias Online – Setelah hasil Pilkada Nias Selatan yang digugat beberapa waktu lalu, kini hal serupa terjadi pada Pilkada Nias Barat. Pasangan nomor urut 1: Faduhusi Daely-Sinar Abdi Gulö dan pasangan nomor urut 2: Yupiter Gulö-Raradödö Daely menggugat hasil penetapan KPUD Nias Barat atas pasangan nomor urut 3: Adrianus A Gulö dan Hermit Hia sebagai pasangan terpilih Bupati-Wakil Bupati Nias Barat.

“Info yang kami terima demikian. Pasangan urut 1 dan 2 akan menggugat ke MK. KPUD Nias Barat sudah melaksanakan tugas dengan baik. Bila ada yang tidak setuju atau keberatan, bisa mengajukannya ke MK,” ujar anggota KPUD Nias Barat Meiatasi Dolai kepada Nias Online melalui telepon selulernya, Selasa (15/2).

Dihubungi terpisah, Faduhusi Daely membenarkan bahwa pihaknya telah mendaftarkan gugatan ke MK pada Kamis (10/2). Sedangkan pertanyaan konfirmasi serupa kepada Yupiter Gulö, hingga berita ini diturunkan belum mendapatkan jawaban.

Meiatasi menjelaskan, perolehan suara, khususnya antara pasangan urut 1 dan 3 sangat tipis, hanya 337 suara. Pasangan urut 1 meraih 12.505 suara. Sedangkan pasangan urut 3 meraih 12.842 suara. Pasangan urut 2 meraih 9.590 suara. Perolehan suara pasangan urut 3 dan 1, kata dia, masing-masing mencapai sekitar 36% sehingga pilkada hanya berlangsung satu putaran.

Dia menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat pemberitahuan soal gugatan itu dari MK sebagai pihak termohon. Meski begitu, KPUD telah siap untuk memberikan penjelasan pada persidangan di MK. (EN)

Facebook Comments